Breaking News

Apartemennya Hancur, Dua WNI Korban Gempa Turki Ditemukan dalam Kondisi Meninggal Dunia


Dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban gempa di Turki, berhasil ditemukan, Jumat (17/2/2023). Keduanya, ditemukan di antara puing Apartemen Galeria di Kota Dyarbakir, Turki.

Kedua WNI itu ialah Irma Lestari asal Lombok dan Ni Wayan Supini asal Bali. Keduanya, berhasil ditemukan setelah Tim gabungan KBRI Ankara - INASAR (BASARNAS) berkordinasi dengan AFAD (Badan Penanggulangan Bencana Turki).

Koordinasi dilakukan agar proses pencarian di apartemen Galeria Residence, tempat kedua WNI tersebut menetap.

Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, pihannya memastikan kedua jasad yang ditemuikan di puinh-puing apartemen, setelah dilakukan identifikasi oleh Tim DVI Polri yang tengah berada di Hatay, Turki.

"Dari hasil identifikasi tersebut, kedua jenazah yang ditemukan dapat dikonfirmasi identitasnya," terang Lalu dalam keterangan resminya, Sabtu (18/2/2023).

Atas dasar penemuan itu, pihaknya telah menyampaikan kabar duka kepada keluarga korban yang berada di tanah air. Ia pun mengaku turut berduka atas penemuan dua WNI itu.

"Kita semua sangat berduka cita. Insya Allah dengan telah terkonfirmasinya jenazah kedua saudara kita, KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri akan segera mengupayakan pemulangan jenazah ke kampung halaman masing-masing," terang Lalu.

Sebagai informasi, Irma Lestari dan Ni Wayan Supini merupakan pekerja migran Indonesia yang bekerja sebagai spa therapis professional di Dyarbakir. Apartemen tempat mereka tinggal hancur total akibat gempa. Total terdapat 89 korban meninggal di apartemen tersebut.

Dalam insiden gempa bumi di Turki, KBRI mencatat, setidaknya ada sekitar 500 WNI yang berada di sekitar lokasi gempa bumi. 128 orang sudah berhasil dievakuasi oleh Tim KBRI Ankara. Sisanya dalam keadaan selamat namun sudah mendapatkan tempat penampungan yang aman di sekitar wilayah gempa.
Dari jumlah itu, 10 WNI mengalami luka berat dan sudah ditangani oleh KBRI Ankara. Sementara, terdapat empat orang WNI yang dinyatakan meninggal dunia dalam bencana tersebut.

Sumber: okezone
Foto: Ilustrasi Gempa Turki/Doc: BBC
Apartemennya Hancur, Dua WNI Korban Gempa Turki Ditemukan dalam Kondisi Meninggal Dunia Apartemennya Hancur, Dua WNI Korban Gempa Turki Ditemukan dalam Kondisi Meninggal Dunia Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar