Breaking News

Bharada Eliezer Belum Aman Usai Vonis Sambo, LPSK Akan Dampingi di Dekat Sel hingga 6 Bulan


Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu menerangkan bentuk perlindungan akan tetap diberikan kepada Bharada Eliezer atau Bharada E usai vonis Ferdy Sambo.

LPSK menyebutkan nantinya akan ada petugas LPSK yang berada di dekat Bharada Eliezer di dalam sel tahanan.

“Kemudian ada pemenuhan psikososial, kami bantu Richard menjaga spiritualnya dalam proses pemidanaannya, termasuk kesehatan medis dan psikologis,” ungkap Edwin Pasaribu, Jumat (17/2).

Diketahui, Bharada Richard Eliezer mengajukan perpanjangan status justice collaborator ke LPSK. Permohonan Eliezer sudah dikabulkan LPSK dengan masa waktu 6 bulan ke depan.

Richard Eliezer sudah 6 bulan dalam perlindungan LPSK atau sejak 15 Agustus 2022 lalu hingga Februari 2023 ini.

“Dan Richard Eliezer sudah ajukan permohonan perpanjangan perlindungan. Dan permohonan itu sudah dikabulkan pimpinan LPSK,” ujarnya.

“Jadi dalam 6 bulan ke depan masih dalam perlindungan LPSK,” katanya lagi.

Edwin mengatakan 6 bulan perlindungan terhadap Bharada E merupakan aturan di LPSK.

Jika masa 6 bulan itu sudah habis, Bharada E bisa mengajukan perpanjangan atau pemberhentian JC sebelum masa waktu habis.

“Setelah 6 bulan atau menjelang berakhir, terlindung punya hak untuk mengajukan menghentikan atau perpanjangan perlindungan,” ujarnya.

“Kalau 6 bulan itu hanya fase, tapi kalau ditanya perlindungan itu hanya setahun? Tidak, jadi bisa lebih dari setahun,” paparnya lagi.

Dia mengatakan, setelah putusan pengadilan inkrah, LPSK bisa berkoordinasi untuk pemenuhan hak terpidana, mulai remisi, asimilasi, cuti jelang bebas, hingga bebas bersyarat.

Dikatakan Pasaribu, ketika sah sebagai terpidana, langkah yang dilakukan LPSK, LPSK berkoordinasi dengan Dirjen Pemasyarakatan untuk pemenuhan hak terpidananya apakah itu pilihannya remisi apakah cuti menjelang bebas, bebas bersyarat, mereka belum bisa memastikan.

“Tapi kami akan konsultasikan dulu,” katanya soal Bharada Eliezer ini.

Sumber: pojoksatu
Foto: Bharada E atau Bharada Eliezer akan tetap dilindungi LPSK usai vonis (ist)
Bharada Eliezer Belum Aman Usai Vonis Sambo, LPSK Akan Dampingi di Dekat Sel hingga 6 Bulan Bharada Eliezer Belum Aman Usai Vonis Sambo, LPSK Akan Dampingi di Dekat Sel hingga 6 Bulan Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar