Breaking News

Cerita-cerita Luar Biasa Korban Gempa Turki Meski Tertimbun Belasan Hari


Proses evakuasi terhadap korban gempa Turki masih berlangsung. Seperti diketahui, gempa M 7,8 mengguncang Turki pada 6 Februari 2023. Gempa tersebut menewaskan ribuan warga Turki hingga Suriah.

Meskipun tertimbun belasan hari, banyak korban gempa Turki yang berhasil diselamatkan. Berikut kisah-kisah mereka.

1. Nenek di Turki Selamat Usai 212 Jam Tertimbun Puing

Fatma Gungor adalah seorang nenek yang menjadi korban gempa Turki. Lansia berusia 77 tahun tersebut berhasil ditemukan petugas usai tertimbun reruntuhan bangunan selama 212 jam. Ia dinyatakan selamat setelah bertahan selama beberapa hari.

2. Bertahan Selama 198 Jam Tertimbun Puing, Pemuda di Turki Berhasil Selamat

Petugas berhasil menyelamatkan seorang pemuda yang tertimpa runtuhan bangunan akibat gempa Turki. Ia adalah Muhammad Cafer, pemuda berusia 18 tahun. Saat ditemukan, ia masih dalam keadaan bernapas dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Cafer terlihat bisa menggerakkan jemarinya saat dievakuasi dari reruntuhan. Dia menjadi orang ketiga yang berhasil diselamatkan setelah tertimbun reruntuhan selama 198 jam, atau selama delapan hari terakhir.

Selain Cafer, seorang pemuda lain bernama Muhammad Enes Yeninar juga selamat dari bencana gempa Turki. Ia tertimbun reruntuhan bangunan selama 198 jam.

3. Bocah dan Anak Perempuan Selamat Usai Tertimbun Reruntuhan Gedung

Korban gempa Turki Bocah empat tahun bernama Miray ditemukan selamat oleh petugas. Diketahui, Miray tertimbun reruntuhan gedung selama seminggu.

Tak hanya Miray, seorang anak perempuan usia 10 tahun juga berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Ia bertahan hidup di sebuah lubang dari apartemennya yang ambruk.

4. Lansia 65 Tahun Berhasil Diselamatkan

Ada seorang wanita bernama Muzeyyen Ofkeli. Wanita usia 65 tahun itu ditemukan selamat dan langsung dilarikan ke rumah sakit usai proses evakuasi.

5. Bayi 7 Bulan Berhasil Diselamatkan, Warga Bersorak dan Saling Berpelukan

Seorang bayi berusia tujuh bulan, Hamza, diselamatkan pada hari Sabtu (11/02). Rekaman video dari otoritas setempat menunjukkan para penyelamat "bersorak dan saling berpelukan".

Ada tayangan video lainnya dari Kementerian Kesehatan Turki, yang memperlihatkan seorang gadis kecil dengan penyangga leher, melihat sekeliling saat dia dibawa dengan tandu di provinsi yang sama pada Minggu (12/02) pagi.

Dan keterangan dalam video itu menunjukkan sang ayah dan anak perempuannya diselamatkan dari gedung yang runtuh di Hatay.

"Dia ingin dua cangkir teh yang lezat," kata salah seorang dari tim penyelamat.

6. Pria Berhasil Diselamatkan Usai Tertimbun 278 Jam

Seorang pria bernama Hakan Yasinoglu berhasil diselamatkan usai tertimbun reruntuhan gempa selama 12 hari. Dia tampak diikat ke tandu agar tidak jatuh dan ditutupi dengan jaket termal emas. Lalu, dia dibawa pergi menggunakan ambulans.

7. Hampir Dikubur, Seorang Warga Masih Selamat

Neslihan Kilic (42) masih hidup usai bertahan di bawah reruntuhan bangunan selama 258 jam. Suaranya terdengar oleh petugas yang sedang menggali reruntuhan. Ternyata, keluarga Kilic sudah merelakan dirinya meninggal dunia dan siap menguburkan Kilic.

8. Bertahan Selama 248 Jam, Gadis Mukjizat Berhasil Selamat

Seorang remaja putri bernama Aleyna Olmez, yang berusia 17 tahun berhasil dievakuasi dalam keadaan hidup dan reruntuhan bangunan di Turki pada Kamis (16/2) waktu setempat. Olmez dijuluki 'gadis mukjizat' karena mampu bertahan hidup setelah 248 jam tertimbun puing-puing.

Olmez langsung dilarikan ke Fakultas Kedokteran Universitas Sutcu Imam Kahramanmaras setelah dievakuasi dari reruntuhan. Televisi pemerintah Turki, TRT Haber, mengunjungi Olmez di rumah sakit tempatnya dirawat dan berbicara dengannya juga dokter yang merawatnya serta keluarganya.

Saat ditanya soal kondisinya, Olmez hanya menggelengkan kepalanya dan tersenyum. Dokter Profesor Dilber yang merawatnya mengatakan dirinya terkejut dengan kondisi kesehatan Olmez yang tergolong baik setelah lebih dari sepekan tertimbun reruntuhan bangunan.

9. Wanita dan 2 Anaknya Selamat Usai Tertimbun Reruntuhan

Seorang wanita lainnya dan dua anaknya berhasil diselamatkan dari puing-puing bangunan yang ambruk di kota Antakya pada hari yang sama. Selain itu, para petugas penyelamat bertepuk tangan dan saling berpelukan saat ambulans membawa pergi seorang wanita berusia 74 tahun yang berhasil diselamatkan di Kahramanmaras.

Sumber: detik
Foto: Evakuasi korban gempa Turki (Foto: REUTERS/CLODAGH KILCOYNE)
Cerita-cerita Luar Biasa Korban Gempa Turki Meski Tertimbun Belasan Hari Cerita-cerita Luar Biasa Korban Gempa Turki Meski Tertimbun Belasan Hari Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar