Breaking News

KKB Egianus Kogoya Tinggalkan Surat di TKP Pesawat Susi Air Dibakar


Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya terungkap meninggalkan sepucuk surat di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Surat tersebut sengaja ditinggalkan di lokasi pembakaran pesawat Susi Air.

Dalam foto yang diterima detikcom, tampak surat tersebut sudah lecek dengan bekas lipatan. Surat itu diketik dengan kop surat bertuliskan, 'The West Papua Liberation Army Tentara Pembebasan Nasional (TPN-OPM) Papua Barat Markodap III Jantung Bintang Pegunungan Tengah'.

Surat tersebut diteken di Darakma, 17 Oktober 2018. Surat tersebut ditandatangani Panglima Perang Jenderal Egianus Kogoya dengan cap stempel TPN-OPM Papua Barat berwarna biru.

Dalam suratnya, KKB Egianus Kogoya meminta agar fasilitas keamanan dan wilayah basis operasinya tidak diganggu. Egianus juga menuntut agar masyarakat tidak diganggu hingga dicaci maki.

"Yang Mengganggu fasilitas Keamanan kami MILITER TPN-OPN. Boleh kejar Saya. Saya tidak Mundur satu langkah pun dan di mana kami bertemu sekali bertemu," tulis Egianus Kogoya dalam suratnya.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani membenarkan surat tersebut. Surat itu ditemukan saat timnya melakukan olah TKP pesawat Susi Air yang dibakar KKB.

"Surat yang ditinggal oleh Egianus dkk itu ditemukan oleh Satgas pada saat melakukan olah TKP," ungkap Faizal kepada wartawan, Jumat (17/2/2023).

Faizal menjelaskan, surat tersebut ditulis sudah lama. Namun dia menduga masih ada kaitannya dengan aksi teror yang dilakukan KKB pimpinan Egianus.

"Setelah kita buka ternyata itu surat tertanda sudah lama tanggal 17 Oktober 2018. Tapi itu menunjukkan kejadian yang terjadi di Paro dilakukan oleh Egianus," tegasnya.

Berikut isi surat KKB pimpinan Egianus Kogoya yang ditemukan Satgas Damai Cartenz di TKP pembakaran pesawat Susi Air:

The West papua Liberation Army
Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Papua Barat
Markodap III Jantung Bintang Pegunungan Tengah

Surat Komando

Dengan ini saya memohon kekuatan/MILITER TPN-OPM Mengganggu fasilitas kemanan/Militer Indonesia.

Ini bukan papua atau Masyarakat Indonesia.

Mohon: Jangan mengejar Masyarakat. Jangan Mengganggu Masyarakat. Jangan Olok-olok Masyarakat. Jangan Caci maki Masyarakat.

Yang mengganggu fasilitas keamanan kami MILITER TPN-OPN. Boleh kejar Saya. Saya tidak Mundur satu langkah pun dan di mana kami bertemu sekali bertemu.

Yang Mengeluarkan Surat Komando ini di Keluarkan Markas Besar Pertahanan TPN-OPM Papua Barat, Ndugama, Darakma MARKODAP III.

Darakma, 17 Oktober 2018

Yang Mengeluarkan Surat Komando
Panglima Perang Jenderal

AN. TUAN EGIANUS KOGEYA
NPB: 177

Sumber: detik
Foto: Surat KKB pimpinan Egianus Kogoya. (Dok. Istimewa)
KKB Egianus Kogoya Tinggalkan Surat di TKP Pesawat Susi Air Dibakar KKB Egianus Kogoya Tinggalkan Surat di TKP Pesawat Susi Air Dibakar Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar