Breaking News

Malangnya Nasib Richard Eliezer, Kubur Mimpi Balik Berseragam Polri karena PTDH?


Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menyebut, peluang Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E untuk kembali menjadi anggota Polri sudah tertutup.

Dikatakan Bambang Rukminto, apabila vonis sudah dijatuhkan, maka peluang bagi seorang personel Polri untuk kembali berkiprah sudah tertutup.

“Kalau merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri. Peluang kembali menjadi anggota Polri maupun PNS Polri untuk seorang anggota yang sudah divonis pidana itu sudah tertutup,” kata Bambang di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Menurut Bambang, Richard Eliezer harus legowo diberhentikan dari Polri. Apa yang dialami oleh Richard sebagai risiko dari seorang bawahan dalam menjalankan perintah atasan.

Di lain sisi, terdapat deretan fakta yang turut meliputi seorang Richard Eliezer atau Bharada E. Di antaranya adalah:

1. Richard sebagai Justice Collaborator

Dalam kasus tersebut, Richard Eliezer bertatus sebagai pengungkap fakta atau juru kunci di balik peristiwa pembunuhan Brigadir J.

2. Vonis Ringan

Status Richard Eliezer sebagai pengungkap fakta tragedi pembunuhan Brigadir J membuat hakim mempertimbangkan keringanan hukuman baginya.

3. Berpotensi Terkena PTDH

Seperti diketahui, dalam kasus tersebut, Richard Eliezer lebih memilih patuh pada perintah atasannya untuk membunuh rekannya sendiri dibandingkan pada aturan institusi.

Oleh sebab itu, jika tidak dijatuhkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) oleh komisi etik Polri, maka hal itu dapat menjadi preseden buruk, bahwa personel pelaku tindak pidana bisa diterima sebagai anggota Polri dengan alasan sekadar menerima perintah atasan.

Seperti diketahui, Richard Eliezer harus berurusan dengan hukum usai terlibat dalam pembunuhan Brigadir J yang didalangi oleh Ferdy Sambo, atasannya sendiri.

Dengan demikian, kemungkinan Richard Elizer sangat lah kecil untuk bisa kembali berseragam Polri.(*)

Sumber: suara
Foto: Richard Eliezer alias Bharada E di persidangan (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Malangnya Nasib Richard Eliezer, Kubur Mimpi Balik Berseragam Polri karena PTDH? Malangnya Nasib Richard Eliezer, Kubur Mimpi Balik Berseragam Polri karena PTDH? Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar