Breaking News

5 Fakta Rafael Alun Simpan Uang Miliaran di Deposit Safe Box Bank BUMN, Mirip Gayus Tambunan!


Harta kekayaan mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo terus ditelusuri. Dengan posisinya sebagai penyelanggara negara ada kejanggalan dengan harta kekayaan yang dimilikinya.

Berikut fakta-faktanya:

1. Uang Disimpan di Deposit Safe Box Bank BUMN

Rafael Alun Trisambodo ternyata menyimpan uang dalam jumlah besar di deposit safe box salah satu bank BUMN.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan mata uang asing di deposit safe box diduga milik Rafael Alun.

"Iya sangat besar. Mata uang asing," kata Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana kepada Okezone saat dikonfirmasi soal temuan uang Rafael Alun Trisambodo di deposit safe box salah satu bank BUMN, Jumat 10 Maret 2023.

2. Diduga Uangnya Capai Puluhan Miliar

Informasi yang dihimpun Okezone, diduga ada puluhan miliaran rupiah yang disimpan Rafael Alun Trisambodo di deposit safe box.

Dana tersebut berbeda dengan uang Rp500 miliar yang berada di puluhan rekening Rafael Alun. PPATK sudah memblokir rekening puluhan miliar Rafael Alun.

3. Diduga Uang Suap

PPATK menduga uang dalam jumlah besar mencapai puluhan miliar diduga milik Rafael Alun Trisambodo yang tersimpan di deposit safe box salah satu bank BUMN berasal dari tindak pidana suap.

"Dugaan hasil suap. Jumlahnya besar," kata Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat 10 Maret 2023.

Saat ini, uang puluhan miliar dalam jumlah besar di deposit safe box tersebut masih dalam proses analisis dan pemeriksaan PPATK. Saat ini, PPATK masih belum menyerahkan temuan tersebut ke Aparat Penegak Hukum (APH).

"Masih dalam proses di PPATK," kata Ivan.

4. Mirip Gayus Tambunan

Cara Rafael Alun Trisambodo menyimpan uang di Deposit Safe Box ternyata juga pernah dilakukan terpidana Gayus Halomoan Tambunan, pegawai pajak yang juga terjerat kasus pajak. 

Gayus pernah menggunakan deposit safe box untuk menyimpan uangnya hasil korupsinya. Deposit Safe Box merupakan jasa penyewaan kotak penyimpanan uang, barang, hingga surat-surat berharga yang dirancang secara khusus.

5. KPK Dalami Temuan Uang di Deposit Safe Box

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata akan memeriksa temuan PPATK ihwal safe deposit box di salah satu Bank BUMN yang digunakan Rafael Alun Trisambodo untuk menyimpan uang puluhan miliar.

"Nanti lah saya cek lagi," kata Alex di Kantor Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Jakarta Selatan, Jumat 10 Maret 2023.

Alex mengaku belum mengetahui informasi terkait temuan PPATK itu. Bahkan, kata Alex, informasi soal safe deposit box milik Rafael Alun itu belum sampai di meja pimpinan KPK.

"Saya enggak tahu, informasi itu tidak sampai ke pimpinan," ucap Alex.

Sumber: okezone
Foto: Rafael Alun Trisambodo/Net
5 Fakta Rafael Alun Simpan Uang Miliaran di Deposit Safe Box Bank BUMN, Mirip Gayus Tambunan! 5 Fakta Rafael Alun Simpan Uang Miliaran di Deposit Safe Box Bank BUMN, Mirip Gayus Tambunan! Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar