Breaking News

Arab Saudi Geger! Pria Non Muslim Masuk Makkah, Dekati Ka'bah


Jagad dunia maya dihebohkan dengan kemunculan postingan seorang pria non muslim yang memasuki Kota Suci Mekkah, Arab Saudi. Padahal, wilayah itu dikhususkan hanya untuk umat Islam.

Pria pemilik akun Instagram @hethatovercome itu bahkan memberikan postingan dirinya memakai kain ihram dan masuk di wilayah Masjidil Haram Mekkah. Dalam caption-nya, ia menuliskan bahwa dirinya memang benar-benar nonmuslim.

Sebenarnya ia memosting hal tersebut sejak sepekan. Namun ini ramai dikometari sejak kemarin, Rabu.

"Mereka terus memberi tahu saya bahwa saya tidak akan bisa pergi karena saya bukan 'Muslim'," tulisnya dikutip Kamis (11/5/2023).

"Tetapi saya pergi & menang dan.. Kristus adalah Raja," tambahnya.


Mekkah dan Madinah merupakan daerah yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi sebagai wilayah khusus Muslim. Riyadh menerapkan kebijakan ini demi menjaga spiritualitas ibadah dan keamanan bagi umat Muslim yang mengunjungi kota itu.

Jika Mekkah dan Madinah menjadi area bebas masuk, dikhawatirkan juga memicu kemacetan. Ini akan mengganggu kesungguhan dalam beribadah atau bahkan ibadah haji dan umrah.

Bagi umat non-Muslim yang kedapatan menerobos masuk dua kota suci ini, mereka akan ditangkap pihak berwenang dan diinterogasi. Ada juga beberapa kasus yang masuk ke pengadilan hingga hakim memvonis hukuman berdasarkan hasil penyelidikan motif para penyusup.

Life in Saudi Arabia melaporkan jika para penyusup itu kedapatan terkait organisasi teroris, ganjaran yang akan dikenakan yakni hukuman mati. Eksekusi mati merupakan tingkat hukuman maksimal di Arab Saudi.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Arab Saudi terkait hal ini. Namun sejumlah netizen pun terlihat telah mengisi kolom komentar di akun instagramnya dengan komentar yang beragam, ada yang mengkritik dan juga ada yang berharap bahwa nantinya ia menjadi Muslim.

"Alhamdulillah bahwa Anda harus berpakaian seperti seorang Muslim, berperilaku seperti seorang Muslim, dan bahkan mungkin melakukan ziarah seperti seorang Muslim. Betapa memalukan bagi Anda bahwa Anda harus tunduk pada Islam dan mungkin bahkan pada satu titik mengidentifikasi sebagai seorang Muslim untuk masuk," ujar akun Instagram @alidawah.

"Anda berpakaian seperti seorang Muslim, berdoa seperti seorang Muslim, mengatakan Anda seorang Muslim, Anda tidak menaklukkan apa pun sebenarnya Islam menaklukkan Anda. Anda memasuki bait Allah dan Anda masih melewatkan semua tanda yang Allah lemparkan ke wajah Anda, sesungguhnya Allah membimbing siapa yang dikehendaki-Nya," tulis salah satu akun lainnya @fatyma_sanusi.

Sumber: cnbcindonesia
Foto: Iustrasi Ka'bah/VIA REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY
Arab Saudi Geger! Pria Non Muslim Masuk Makkah, Dekati Ka'bah Arab Saudi Geger! Pria Non Muslim Masuk Makkah, Dekati Ka'bah Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar