Breaking News

Kodim/0711 Pemalang Tanam 1000 Bibit Dalam Puncak Penanaman Mangrove Nasional Serentak Di Jajaran TNI Seluruh Indonesia


Komando Bhayangkara, Pemalang - Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., bersama unsur Forkopimda melaksanakan kegiatan puncak penanaman mangrove nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia yang bertajuk Mangrove For Better Life.

Puncak penanaman mangrove nasional serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia, Kodim 0711/Pemalang tanam 1000 bibit mangrove di pesisir pantai Tanjungsari kelurahan Sugihwaras kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang, Senin sore (15/5/2023).

Dalam sambutannya Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., mengucapkan terima kasih kepada unsur forkopimda Pemalang dan semua pihak yang terlibat kegiatan ini tanpa bantuan dan dukungannya kegiatan ini tidak akan berjalan dengan sukses.


Lebih lanjut  menurut Dandim tujuannya dilaksanakannya kegiatan ini sebagai penanggulangan rob atau abrasi serta untuk menjaga kelestarian alam dan untuk perlu diketahui penanaman pohon mangrove ini adalah tahap kedua untuk tahap pertama di kecamatan Ulujami dan nanti kita kombinasikan antara seribu tanaman cemara dan mangrove. 

“Untuk di wilayah Korem 071/Wijayakusuma ada lima Kodim yang melaksanakan kegiatan ini yaitu dari Kodim 0713/Brebes, Kodim 0712/Tegal, Kodim 0711/Pemalang, Kodim 0710/Pekalongan dan Kodim 0736/Batang”, tambahnya.

Dandim berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan atau masyarakat sekitar. 


Sementara pada kesempatan yang sama Plt. Bupati Pemalang melalui Pj. Sekda Dr. Drs. Moh Sidik M. Si., menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 0711/Pemalang beserta segenap jajarannya yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan kegiatan Penanaman Mangrove pada hari ini.

“Melalui kegiatan penanaman mangrove ini, menjadi langkah strategis kita semua dalam memberikan perhatian khusus pada lingkungan serta dapat mengoptimalkan hasil mangrove ini menjadi produk bernilai ekonomi tinggi”, ujarnya

Menurutnya kegiatan penanaman mangrove ini, dapat kita jadikan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi dampak bencana kekeringan dan kerusakan alam. Mari kita gunakan kesempatan ini untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian alam. 

Pada akhir sambutannya Plt. Bupati mengajak kepada masyarakat Kabupaten Pemalang serta stakeholders terkait lainnya,untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyadarkan masyarakat pentingnya memelihara lingkungan dan alam sekitarnya. 


Setelah melaksanakan penanaman 1000 bibit mangrove Dandim Pemalang beserta unsur Forkopimda bersama seluruh personil yang terlibat  mengikuti  vicon dengan Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Jakarta Utara

Dalam kesempatan itu Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan, baru saja kita tadi menyelesaikan penanaman mangrove, karena ini penting sekali untuk menjaga abrasi lingkungan dan pohon mangrove kita terbanyak dan terbesar di dunia ada 3,33 juta hektare di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden berterima kasih kepada para penggiat dan pecinta lingkungan, kita ingin melindungi, memproteksi pesisir kita seperti ikan, monyet dan biawak tentunya ini akan memberikan manfaat bagi lingkungan. 


Presiden berharap, yang paling penting setelah ditanam tolong dilakukan perawatan dan dijaga sehingga bisa tumbuh subur dan jangan dibiarkan begitu saja”.

Selain Forkopimda Pemalang kegiatan tersebut juga dihadiri Pj. Sekda Pemalang Dr. Drs. Moh Sidik, M. Si., Kepala Pengadilan Agama Salahudin Sibaga Bariang, SH. MH., Kasdim 0711/Pemalang Mayor Cpm Edi nuryanto, S. Pd., Wakapolres Pemalang Kompol Gunawan Wibisono S, Kom, SIK, MH.,  Danposal Tanjungsari Letda Laut Rudi Hartono, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0711/Pemalang,  PJU Polres Pemalang,  Muspika Kec. Pemalang,  Kalur Sugihwaras Ibu Vivi dan  Ketua HNSI Kab. Pemalang Hasan.
 

Serta diikuti anggota Kodim 0711/Pemalang, Lanal Tegal, Satradar 214/Tegal, Polres Pemalang, Satpol PP Kab. Pemalang,  DLH Kab. Pemalang dan  Warga masyarakat kelurahan Sugihwaras. (red MKB)
Kodim/0711 Pemalang Tanam 1000 Bibit Dalam Puncak Penanaman Mangrove Nasional Serentak Di Jajaran TNI Seluruh Indonesia Kodim/0711 Pemalang Tanam 1000 Bibit Dalam Puncak Penanaman Mangrove Nasional Serentak Di Jajaran TNI Seluruh Indonesia Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar