Breaking News

Babinsa : Pentingnya Latihan Dasar Ketarunaan Bagi Pelajar


Komando Bhayangkara | Sragen - Sekolah merupakan suatu bentuk organisasi yang mempunyai budaya tersendiri dari sistem yang utuh dan khas. Kekhasan budaya sekolah tidak lepas dari visi dan proses pendidikan yang berlangsung. Suatu sekolah dapat membentuk dan mengatur budaya yang ada, karena pembentukan dan manajemen budaya sekolah yang baik akan mendukung terciptanya sekolah yang efektif. 

Ketarunaan merupakan salah satu budaya yang dapat diterapkan di perguruan tinggi atau sekolah, lebih tepatnya Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/K) karena usia yang dinilai sudah cukup matang, Pagi imi  Serda Eko Anggota Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen melaksanakan kegiatan Bin PPBN  kepada 167 Siswa/i dalam rangka Ketarunaan angkatan ke-lX  SMK Sakti Gemolong, ( 09/10/2023 ) .


Menurut Serda Eko, Ketarunaan merupakan suatu sistem pendidikan yang menerapkan prinsip militer dengan tujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer. 

Berdasarkan pendapat tersebut, sekolah berbasis ketarunaan menerapkan prinsip-prinsip dasar militer. Prinsip yang diterapkan bukanlah militer murni akan tetapi dasar taruna (kegiatan pelatihan-pelatihan) yang digunakan dalam militer. 

“Tujuannya adalah untuk menanamkan karakter, khususnya karakter kedisiplinan dan pembentukan kepribadian yang baik pada peserta didik. Pelaksanaannya mampu mencegah dan mengatasi penyimpangan pada kepribadian anak sehingga anak dapat berkembang dengan baik “ beber Eko. (Agus Kemplu)
Babinsa : Pentingnya Latihan Dasar Ketarunaan Bagi Pelajar Babinsa : Pentingnya Latihan Dasar Ketarunaan Bagi Pelajar Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar