Breaking News

5 Fakta Temuan Kotak Serupa Bom Ternyata Tak Berbahan Peledak


Warga di Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, digegerkan dengan adanya penemuan benda mirip bom. Namun setelah dicek oleh Tim Gegana, benda tersebut tidak mengandung bahan peledak.

Benda berupa kotak yang dibungkus plastik hitam itu ditemukan warga pada Senin (23/8) sekitar pukul 07.00 WIB. Benda tersebut ditemukan oleh warga di dalam sebuah tong sampah di Jl Caman Raya, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Namun setelah benda tersebut didisposal, ternyata tidak ada kandungan bahan peledak di dalamnya. Benda tersebut hanya berupa dummy yang diisi paku-paku.

"Menyerupai bom tetapi tidak mengandung bahan peledak. Bentuknya dibungkus dengan kantong plastik hitam kotak," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi kepada wartawan di lokasi, Senin (23/8/2021).

Berikut fakta-fakta penemuan benda mirip bom tersebut:

1. Ditemukan di dalam Tong Sampah

Benda tersebut ditemukan di dalam tong sampah. Awalnya, saksi curiga setelah melihat ada 3 orang yang mencurigakan membuang sesuatu ke dalam tong sampah.

"Orang ada tiga orang menaiki dua sepeda motor melakukan pembuangan barang ke tong sampah kemudian warga melihat mendekati tong sampah tersebut dan curiga benda itu," jelas Aloysius.

2. Benda Mencurigakan Didisposal

Tim Gegana kemudian melakukan disposal terhadap benda mencurigakan tersebut untuk memastikan kandungan apa yang ada di dalamnya.

"Benda itu didisposal," tutur Aloysius.

Terjadi ledakan saat dilakukan disposal. Menurut Aloysius hal ini memang kerap terjadi ketika proses disposal dilakukan, namun bukan ledakan dari bahan peledak.

"Suara ledakan itu berasal dari alat disposal bukan dari benda itu," katanya.

Seorang warga, Mikel, menerangkan ia mendengar ledakan terdengar satu kali, diduga berasal dari proses disposal benda mencurigakan.

"Dengar ledakan sekali," kata Mikel.

Mikel menyebut suara ledakan cukup kencang.

"Suaranya kencang, radius 100 cm, getar suara," lanjutnya.

3. Benda Mengandung Paku dan Kabel

Dari hasil pemeriksaan Gegana, benda berupa kotak itu terdapat kabel melilit di atasnya, Ada juga MCB dan paku-paku.

"Benda itu ada kabelnya kemudian ada MCB di situ benda tersebut kemudian disposal. Di dalamnya ada paku juga," imbuhnya.

4. Tak Ada Kandungan Bahan Peledak

Aloysius memastikan benda tersebut tidak mengandung bahan peledak. Benda tersebut hanya berupa dummy.

"Kita lakukan olah TKP oleh Gegana, kemudian dari hasil olah TKP benda itu didisposal, diketahui benda tersebut tidak mengandung bahan peledak setelah didisposal," jelas Aloysius.

Aloysius kembali menegaskan bahwa benda tersebut bukan bahan peledak.

"Bukan bahan peledak, dummy," katanya.

5. Dibuang oleh 3 Pria Bermotor

Kombes Aloysius mengatakan bahwa benda tersebut dibuang oleh 3 orang yang berboncengan naik motor.

"Kami mendapatkan informasi sekitar pukul 07.00 WIB ada orang, ada tiga orang menaiki dua sepeda motor melakukan pembuangan barang ke tong sampah," ujar Kombes Aloysius.

Saat ini polisi masih mengejar ketiga pelaku tersebut.

Novida Pakpahan (52), istri Ketua Paguyuban Warga Jalan Caman Utara Baru, Jakasampurna, menceritakan ciri-ciri 3 pelaku tersebut. Diketahui, ketiga pelaku menutup wajah dengan buff.

"Tiga orang pakai buff gambar tengkorak. Bertiga pakai helm, pakai serban tiga-tiganya (di leher)," kata Novida kepada wartawan di lokasi, Senin (23/8/2021).

Ketiga pelaku mengendarai 2 sepeda motor. Tiap orang membawa ransel.

"Bawa ransel. Satu (orang) nungguin dekat pos, dua (orang) jalan mendekati bak sampah," lanjut Novida.

Sebelum membuang benda tersebut, para pelaku membuat gerakan mencurigakan. Lantaran curiga, warga kemudian mengecek ke tong sampah dan menemukan benda tersebut. (MKB/DETIK)

Foto: Tim Gegana olah TKP di lokasi penemuan benda dicurigai bom di Bekasi (dok.istimewa)
5 Fakta Temuan Kotak Serupa Bom Ternyata Tak Berbahan Peledak 5 Fakta Temuan Kotak Serupa Bom Ternyata Tak Berbahan Peledak Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar