Breaking News

Bentrok, TNI Dituding Bakar Rumah Warga Gome, Danrem 173 PVB Angkat Bicara


Komando Bhayangkara - Bentrok antara warga dengan aparat di sejumlah distrik di Kabupaten Puncak, Papua, dilaporkan berlangsung dalam sepekan terakhir.

Dandrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan menyatakan, kabar yang menuding anggotanya membakar rumah warga, adalah tidak benar.

Dari laporan yang diterimanya, baku tembak dengan KKB di Gome Utara terjadi sejak Selasa, 16 Agustus 2021 malam.

Bahkan, dalam baku tembak yang terjadi pada hari Rabu, 18 Agustus 2021, seorang anggota TNI dari Yonif 715/Mutuliato terluka.

Diinformasikan pula bahwa Dandim 1714 Puncak Jaya dijadwalkan tiba pada hari Senin, 23 Agustus 2021, di Ilaga.

Iwan Setiawan menyatakan, bahwa pada Kamis, 19 Agustus 2021 malam, markas TNI di Gome Utara ditembaki KKB, sehingga terjadi baku tembak.

Tudingan kabar anggota TNI bakar rumah warga, disebarluaskan berlangsung di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua.

"Prajurit tidak mungkin melakukan pembakaran terhadap rumah warga. Namun, untuk memastikan Dandim 1714 Puncak Jaya akan ke Ilaga dan ke Gome, Kabupaten Puncak," kata Brigjen TNI Iwan Setiawan, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara, Sabtu, 21 Agustus 2021. 

Danrem saat ini sedang berada di Biak. Ia mengatakan bahwa berbagai tuduhan terhadap TNI/Polri sangat tidak mendasar. 

Apalagi, beberapa kasus pembakaran, baik itu rumah warga sipil maupun fasilitas yang dibangun pemerintah, dilakukan kelompok kriminal bersenjata.

Ditegaskan pula bahwa kasus pembakaran di Kabupaten Puncak dilakukan KKB. Namun, kelompok itu memutarbalikkan fakta dengan menyatakan pelakunya adalah TNI/Polri.

Terkait dengan adanya warga yang kena tembak di bagian paha bernama Melinda, Danrem belum bisa memastikan korban terkena dari peluru mana. 

Ia mengatakan bahwa pihaknya baru mengetahui Melinda tertembak pada hari Jumat, 20 Agustus 2021, sekira pukul 09.30 WIT.

Tudingan pembakaran oleh TNI sendiri disampaikan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Disebutkan, pembakaran berlangsung di Kampung Mudirok, Gome, buntut adanya baku tembak.*** (MKB/PIKIRAN-RAKYAT)

Foto: Dandrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan/Net
Bentrok, TNI Dituding Bakar Rumah Warga Gome, Danrem 173 PVB Angkat Bicara Bentrok, TNI Dituding Bakar Rumah Warga Gome, Danrem 173 PVB Angkat Bicara Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar