Breaking News

Optimalkan Hasil Perkebunan Masyarakat Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Adakan Penyuluhan Pembuatan Dodol Durian


Komando Bhayangkara - Manfaatkan melimpahnya hasil panen raya durian, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Pos Panga dipimpin oleh Wadanpos Panga Serda Soni beserta 3 orang anggotanya berikan penyuluhan pembuatan "Dodol Durian" kepada masyarakat Dsn.Panga, Ds.Semanget, Kec.Entikong, Kab.Sanggau. (25/08/2021).
  
Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/WNS, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau pada hari Kamis (26/08/2021).

Dansatgas Mengatakan, Dusun Panga merupakan salah satu dusun penghasil buah durian terbanyak di Kalimantan Barat, dari dulu sampai sekarang buah durian di jual begitu saja, saat panen raya buah durian melimpah ruah dipasaran sehingga banyak buah durian yang busuk dan tidak bisa dijual, hal ini memunculkan ide Satgas Pamtas  mengembangkan kreativitas pemanfaatan olahan durian yang bisa tahan tahan lama, menarik dan memiliki nilai ekonomis jauh lebih tinggi yaitu salah satunya dengan cara membuat olahan Dodol Durian.

Dansatgas menambahkan, Sebelum berangkat penugasan Para Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns sudah mendapat pembekalan pengetahuan pengembangan Home Industry UMKM dari instansi terkait, dengan itu bisa mengimplementasikan hasil pembelajaran pada masyarakat perbatasan sehingga bisa meningkatkan produktivitas dalam mengelola sumber daya alam sekitar.


Terpisah Danpos Panga, Letda Inf Yopy Prasetyo menuturkan penyuluhan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat, bahkan masyarakat sangat antusias sebab pelatihan tersebut baru pertama kali digelar di Dusun Panga.

"Masyarakat yang datang lumayan banyak, kami mengajarkan masyarakat mengolah Dodol durian ini mulai awal pemisahan buah dari biji, pencampuran bahan, proses pemasakan hingga sampai dengan pengemasan dan siap di jual di pasaran". Ujar Danpos Panga.

Ibu Maria, salah satu warga yang hadir mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan berterima kasih atas kegiatan penyuluhan tersebut "Kami warga Dusun Panga sangat berterima kasih kepada bapak Pos TNI yang sudah mengajarkan cara-cara mengolah buah Durian jadi makanan yang memiliki nilai yang ekonomis yang tinggi, selain menambah wawasan baru, kita juga bisa mengolah buah durian hasil dari kebun kita sendiri" tutup Maria. (Pen Satgas Pamtas 643)
Optimalkan Hasil Perkebunan Masyarakat Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Adakan Penyuluhan Pembuatan Dodol Durian Optimalkan Hasil Perkebunan Masyarakat Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Adakan Penyuluhan Pembuatan Dodol Durian Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar