Breaking News

Agenda Wisata Kuliner sebagai Destinasi Di Curug Bengkawah Desa Sikasur


Komando BhayangkaraPemalang - Dalam mengembangkan Wisata Curug Bengkawah selain Pemandangan keindahan Alam dan kebersihan salah satu harapan setiap pengunjung,seperti di Desa Sikasur Wisata Curug Bengkawah dan Wisata Kuliner membuat daya tarik tersendiri. Dalam rangka mengwujudkan Desa Wisata Curug Bengkawah walaupun masih di masa pandemi ini.  Kepala Desa Sikasur Kusin membuat gebrakan baru dengan melaunching Tempat Wisata Kuliner Curug Bengkawah yang berlokasi di Dukuh Sikasur. Senin (6/92021).

Desa sikasur kecamatan Belik adalah salah satu dari 222 desa dan kelurahan se Kabupaten Pemalang letak Desa Sikasur berbatasan dengan utara Desa Randudongkal Kecamatan Randudongkal dan Desa Karangmoncol Kecamatan Randudongkal Sebelah Timur Desa Simpur dan Desa Mendelem sebelah Selatan Desa Bulakan dan Sebelah barat Desa Kalisaleh. Di Desa Sikasur mempunyai Potensi Wisata Telaga Gede dan Telega Embeng yang terletak didukuh Sodong, Curug Bengkawah dan Telaga Silating Desa Sikasur,Pemerintah Desa berinisiatip membuka Wisata Kuliner guna mendukung Wisata setempat yang diawali dari Wisata Curug Bengkawah yang dalam hal ini masih dalam penataan. Hari minggu 05/09/2021 jam 07.00 tanda dimulainya Wisata Kuliner yang akan diagendakan gelaran kuliner di wisata curug Bengkawah. Kuliner memiliki destinasi tersendiri bagi warga Desa atau luar Desa, karena ini permulaan sehingga masih perlu  penataan, yang akan datang dikemas sebagai oleh-oleh pun merupakan Faktor penting dalam Promosi Wisata. Hal tersebut akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung .

Curug Bengkawah salah satu aset Desa Sikasur, wisata-wisata yang dimiliki oleh Desa Sikasur semua dikelola BUMDES dan tidak menutup kemungkinan investor bisa bekerja sama dengan BUMDES. Keterlibatan masyarakat juga tidak kalah penting dalam pengelolaan Wisata, dengan adanya Pokdarwis bukti nyata masyarakat berperan.


Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang terhadap wisata-wisata di Desa Sikasur sudah diwujudkan salah satunya berupa jalan beton yang menuju Curug Bengkawah, Kendati demikian Wisata Kuliner tidak merupakan promosi satu-satunya tapi ini merupakan sebuah  terobosan promosi yang bisa menjadi acuan Wisata wisata daerah lain. 

Curug Bengkawah salah satu pilihan wisata alam di Kabupaten Pemalang, bahkan ada Karyawan Pabrik Garmen di Pemalang yang berasal dari Warga Negara Srilangka berjumlah 5 orang sedang berwisata alam di Curug Bengkawah ini, mereka kita (red) wawancarai mengenai Wisata Curug Bengkawah ini,

" Saya dapat reverensi dari teman dan sudah tiga kali ke sini ,wisata ini bagus for rilexs, fantastics,ada juga di negara saya seperti ini , saya sudah tiga kali ini dan baru sekarang mau mandi ,saya di sini karena Indonesia" kata Izuro yang baru 3 tahun di Indonesia,ada sedikit sentilan dari teman Izuro 

" buang sampah ditempatnya bukan  di sungai" katanya sambil ketewa dan menyuruh membuat himbauan dengan Tulisan.

Dengan adanya Destinasi unik ini diharapkan kedepan bisa bertambah pengunjungnya bukan hanya dalam Negeri. Kita(red) juga wawancarai pengunjung dari Comal, mereka juga mengkritik tentang sampah yang ada di sungai curug tersebut.

Ditempat lain kita(red) mewawancarai Kades Sikasur Kusin didepan pintu gerbang Curug Bengkawah.

"Kegiatan hari ini adalah serangkaian upaya untuk mendongkrak perekonomian  UMKM Desa Sikasur karena selama pandemi ekonomi lesu, harapan saya akan muncul pendapatan keluarga Sikasur, respon keluarga sikasur luar biasa, pedagang hampir seratus dan banyak yang habis jualannya. Kedepannya akan kami tata dengan pengusaha Desa Sikasur" pungkasnya. (Bondan MKB Pemalang)
Agenda Wisata Kuliner sebagai Destinasi Di Curug Bengkawah Desa Sikasur Agenda Wisata Kuliner sebagai Destinasi Di Curug Bengkawah Desa Sikasur Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar