Breaking News

Ajarkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Latih Baris Berbaris Di Sekolah Perbatasan


Komando Bhayangkara, Bengkayang – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melaksanakan kegiatan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) dengan melatih PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada siswa-siswi SMP Darmex Ledo Lestari di Dusun Peleng, Desa Sinar Baru, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan pelatihan baris berbaris ini dilakukan oleh 4 orang anggota Pos Kumba Semunying dipimpin Serda Harris kepada siswa –siswi SMP Darmex Ledo Lestari, Dusun Peleng, Desa Sinar Baru.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Senin (27/09/2021).

Dansatgas mengatakan bahwa pelatihan PBB ini dapat membentuk kekompakan, loyalitas dan kepedulian serta melatih daya konsentrasi setiap siswa. "Selain itu kegiatan ini juga bermanfaat untuk membentuk karakter para pelajar agar lebih disiplin dan memupuk jiwa nasionalisme."

"Melalui latihan PBB ini diharapkan anak-anak mampu memperaktikannya di sekolah dalam menunjang kegiatan rutinitas di sekolah yaitu Upacara bendera Merah Putih yang juga merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme kepada anak-anak usia sekolah," ungkap Dansatgas.

Dimasa pandemi covid-19 ini pembelajaran tatap muka masih dibatasi sehingga dengan adanya kegiatan ini tidak membuat lupa para siswa-siswi tentang tata cara PBB di lingkungan sekolah. Dalam latihan ini juga personel Satgas memberikan pengetahuan mengenai protkes 5 M dari mencuci Tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, terang Dansatgas.

Terpisah Danpos Kumba Semunying Letda Inf Bayu S mengatakan maksud diberikannya materi PBB kepada siswa-siswi ini adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan di antara sesama teman.

Sedangkan tujuan PBB untuk siswa sekolah adalah untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggungjawab pada siswa, ucapnya.

Bapak Ignasius Sudirman selaku Kepala Sekolah SMP Darmex Ledo Lestari mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas yang telah memberikan materi PBB dan wawasan kebangsaan kepada para siswa-siswi kami, dan berharap kegiatan ini terus berlanjut,sehingga nantinya para peserta didik memiliki sikap serta mental yang baik untuk menunjang masa depan. (Pen Satgas Pamtas 643)
Ajarkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Latih Baris Berbaris Di Sekolah Perbatasan Ajarkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Latih Baris Berbaris Di Sekolah Perbatasan Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar