Breaking News

Perempuan Terlibat Penipuan yang Catut Baim Wong, Ini Perannya


Komando Bhayangkara - Seorang perempuan terlibat dalam kasus penipuan yang mencatut nama artis Baim Wong. Dalam komplotan itu, pelaku berinisial DA (21) ini punya peran sendiri.

"Tersangka DA, perempuan ini lakukan penarikan setiap ada yang masuk, ini perempuan lakukan penarikan tunai," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (7/9/2021).

Adapun sembilan tersangka lainnya adalah BU alias H, H alias W, J, E, AAR, MR, A, RT, dan T. Mereka ada yang bertugas sebagai menyebar SMS blast, penyedia rekening penampung, hingga pihak yang berkomunikasi dengan korban dengan mengaku dari pihak bank serta kru salah satu TV swasta di Jakarta.

Yusri menyampaikan para pelaku mengirimkan SMS yang isinya seolah-olah mendapatkan hadiah Rp 100 juta dari Baim Wong. Yusri mengatakan modus tersebut sebetulnya adalah modus lama.

"'Anda dapat hadiah Rp 100 juta, silakan hubungi nomor ini'. Ini modus lama yang dilakukan, jadi tolong masyarakat jangan mudah percaya, check and recheck betul tidak? Dan itu tidak benar semuanya," katanya.

Yusri mengimbau masyarakat tidak mudah mempercayai penipuan dengan modus serupa.

"Apalagi dia atas namakan nomor nggak jelas 'anda dapat hadiah', misal dari satu provider, tapi (yang kirim SMS) beda provider. Jadi masyarakat jangan percaya dengan modus blast gateway," ujarnya.

Para pelaku sudah lama menjalankan modus penipuan ini. Keuntungan per hari bisa mencapai Rp 10 juta.

"(Komplotan ini) sudah lama beraksi dapat satu hari Rp 400 ribu paling kecil sampai Rp 10 juta per hari," ucapnya.

Yusri mengatakan penipuan dengan mencatut nama Baim Wong terjadi pada Juni dan Agustus 2021. Pelapor kasus ini adalah Baim Wong sendiri.

"Pelapor Baim Wong dan AL ini catut nama publik figur yang ada kejadian," ucap Yusri.

Para pelaku ditangkap Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang dipimpin Kompol Herman Edco Simbolon, Kompol Noor Marghantara, AKP Widi dan Aipda Adin Rifa'i, di Sulawesi Selatan. Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. (MKB/DETIK)

Foto: Polda Metro tangkap komplotan penipu yang mencatut artis Baim Wong. (Farih/detikcom)
Perempuan Terlibat Penipuan yang Catut Baim Wong, Ini Perannya Perempuan Terlibat Penipuan yang Catut Baim Wong, Ini Perannya Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar