Breaking News

Pledoi Nurdin Abdullah, Minta Bebas Sambil Ungkit Stadion Mattoanging


Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nonaktif Nurdin Abdullah dalam pleidoi atau pembelaannya meminta hakim membebaskannya dari segala tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) atas kasus suap dan gratifikasi. Nurdin lalu menyinggung Stadion Mattoanging yang kini rata dengan tanah.

Permintaan itu diungkapkan Nurdin pada saat membacakan pleidoinya di Pengadilan Tipikor Makassar, Selasa (23/11/2021). Dia awalnya mengaku masih memiliki mimpi dan harapan membangun Sulsel.

"Saya masih memiliki banyak mimpi dan harapan untuk pembangunan Sulawesi Selatan. Ke depan, saya harap Sulawesi Selatan sebagai pintu gerbang kawasan timur Indonesia," kata Nurdin dalam pleidoinya.

Selanjutnya, Nurdin Abdullah menyinggung mimpi membangun kembali Stadion Mattoanging.

"Salah satu mimpi saya adalah kembali mendengar riuhan teriakan dan tepukan tangan para pecinta sepakbola diterangi dengan kilauan lampu di bangunan megah stadion kita bersama, yaitu Stadion Mattoanging," kata Nurdin.

"Saya rasa tidak berlebihan apabila kita mengapresiasi jiwa sportivitas masyarakat dengan membangun Stadion Mattoanging berstandar FIFA," lanjut dia.

Nurdin pun meminta dibebaskan karena stadion itu sendiri dirobohkan pada saat dia aktif menjabat karena memang hendak membangun kembali stadion tersebut.

"Meskipun saat ini sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan sudah satu tahun ini rata dengan tanah tanpa pembangunan," katanya.

"Izinkan saya menyelesaikan pembangunannya agar Sulawesi Selatan kembali memiliki stadion yang akan menjadi kebanggaan masyarakat," pungkasnya.

Untuk diketahui, Stadion Mattoanging yang diratakan dengan tanah untuk dibangun ulang saat Nurdin masih aktif menjabat kini belum jelas kelanjutannya. Hal itu membuat suporter PSM Makassar pada 28 Mei lalu menggeruduk kantor Gubernur Sulsel menuntut kejelasan pembangunan kembali Stadion Mattoanging.

Saat itu, sejumlah perwakilan suporter sempat melakukan mediasi dengan Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis. Kepada massa aksi, Andi Arwin sempat menjelaskan progres pembangunan Stadion Mattoanging.

"Yang jelasnya, tahun 2022 sudah dilakukan proses pembangunan," ujar Andi Arwin kepada suporter.

Terpisah, Andi Arwin juga memaparkan tahap-tahap pembangunan Stadion Mattoanging. Dia mengungkapkan, demi mempercepat pembangunan Mattoanging, Pemprov Sulsel tak lagi menggunakan skema pinjaman dana sebagaimana perencanaan sebelumnya.

"Skema yang sebelumnya dengan skema pinjaman kemungkinan untuk mempercepat proses ini kita abaikan dulu skema pinjaman, kita ambil skema APBD murni," ujar Andi Arwin kepada wartawan.

Sebagai konsekuensi kebijakan itu, desain stadion akan dibuat ulang alias tidak akan menggunakan desain stadion sebelumnya dengan nilai Rp 1,3 triliun. Namun Andi Arwin belum mengungkap nilai desain stadion yang baru.

"Karena keterbatasan keuangan daerah, kita melakukan additional design, menciptakan desain baru lagi yang lebih realistis sesuai dengan kemampuan daerah," katanya.

Tidak hanya itu, kapasitas suporter juga disebut Andi Arwin akan berkurang dari apa yang telah direncanakan sebelumnya. Namun dia memastikan akan tetap ada penambahan kapasitas suporter dibandingkan dengan kapasitas stadion yang telah dibongkar.

"Kapasitas (suporter) akan berkurang. Ini juga sejalan dengan kondisi amdalalin kita waktu itu yang mengacu pada existing Stadion Mattoanging di mana kapasitasnya 15 ribu, tapi akan kita tingkatkan mungkin lebih 20 ribu," katanya.

Menurut Andi Arwin, Pemprov Sulsel mengungkap target Pemprov Sulsel yang menginginkan pembangunan fisik Stadion Mattoanging dapat benar-benar dimulai pada awal 2022.

"Untuk tahap 1 tahun 2022 diharapkan bisa fungsional minimal lapangannya. Di situ PSM mungkin sudah berlatih dengan konsep stadion yang bertaraf internasional (untuk) lapangan," katanya.

"Kemudian (masih di tahun) 2022 juga sudah bisa dibangun tribun, minimal tribun utama tribun ekonomi sudah terbangun. Kemudian lanskap sarana dan prasarana lain yang bisa terbangun," tuturnya. (law-justice)

Foto: Gubernur Sulsel Nonaktif Nurdin Abdullah (Foto: Istimewa)
Pledoi Nurdin Abdullah, Minta Bebas Sambil Ungkit Stadion Mattoanging Pledoi Nurdin Abdullah, Minta Bebas Sambil Ungkit Stadion Mattoanging Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar