Breaking News

Kapolri Sebut 25 Polisi Tak Profesional Tangani TKP Kasus Brigadir J, Siapa Saja Mereka?


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan 25 polisi yang ditunjuk menangani tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan tidak profesional. 25 polisi ini telah diperiksa Inspektorat Khusus Tim Khusus (Irsus Timsus) Polri yang dibentuk.

“Sebanyak 25 personel ini kami periksa terkait dengan ketidakprofesionalan dalam penanganan TKP,” kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022) malam.

Selain itu kata Jenderal Listyo, ada beberapa hal yang pihaknya anggap membuat proses olah TKP dan hambatan-hambatan dalam hal penanganan TKP dan penyidikan. Sigit mengatakan bahwa mereka telah menjalani pemeriksaan oleh Irsus Timsus Polri di bawah pimpinan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Agung Budi Maryoto.

Ia lantas memerinci personel tersebut, yakni tiga personel perwira tinggi (pati), lima personel berpangkat kombes polisi, tiga personel berpangkat AKBP, dua personel berpangkat kompol, tujuh personel perwira pertama (pama), serta lima personel bintara dan tamtama.

“Mereka dari kesatuan Propam, Polres Metro Jakarta Selatan, dan juga ada beberapa personel dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim,” kata Sigit.

Terhadap 25 personel tersebut, kata Sigit, telah dilakukan pemeriksaan terkait dengan pelanggaran kode etik. Di samping itu, juga akan diproses secara pidana apabila dari pemeriksaan yang berlangsung terdapat tindak pidananya.

“Malam ini saya keluarkan surat telegram (TR) khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya penanganan tindak pidana terkait dengan meninggalnya Brigadir Yosua ke depan akan berjalan baik,” kata jenderal bintang empat itu.

Sigit meyakini tim khusus akan bekerja keras dalam mengungkap insiden tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka kasus secara transparan sehingga penyidikan bisa dipahami dan menginginkan penyidikan betul-betul transparan.

“Saya yakin timsus akan bekerja keras, kemudian menjelaskan kepada masyarakat sehingga membuat terang peristiwa yang terjadi,” kata Kapolri Jenderal Listyo.

Sumber: pojoksatu
Foto: Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Sebut 25 Polisi Tak Profesional Tangani TKP Kasus Brigadir J, Siapa Saja Mereka? Kapolri Sebut 25 Polisi Tak Profesional Tangani TKP Kasus Brigadir J, Siapa Saja Mereka? Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar