Breaking News

Kisah Buronan Paling Dicari, Akting di 28 Film dan Bersembunyi Selama 30 Tahun


Om Prakash - juga dikenal sebagai Pasha - termasuk dalam daftar "penjahat paling dicari" polisi di negara bagian Haryana, India utara.

Selama 30 tahun, mantan pegawai militer India - yang dicari sehubungan dengan dugaan perampokan dan pembunuhan - bersembunyi di depan mata di negara bagian tetangga, Uttar Pradesh. Di sana, ia memperoleh kehidupan baru dengan dokumen resmi, menikahi seorang wanita lokal dan membesarkan tiga anak bersamanya.

Namun awal pekan ini, keberuntungannya akhirnya habis ketika polisi menangkap pria berusia 65 tahun itu dari rumahnya di daerah kumuh di kota Ghaziabad.

Polisi mengatakan sebelum ditangkap, Om Prakash menjalani kehidupan penuh warna. Dia mengenakan berbagai macam topi, mengendarai truk, berkeliling desa-desa terdekat sebagai bagian dari kelompok untuk menyanyikan lagu-lagu kebaktian pada acara-acara keagamaan, bahkan berakting dalam 28 film lokal berbiaya rendah.

Om Prakash berada dalam tahanan dan belum mengomentari tuduhan terhadapnya. Tetapi Sub-Inspektur Vivek Kumar dari Satuan Tugas Khusus (STF) Haryana, yang merupakan bagian dari tim yang menangkapnya, mengatakan kepada BBC bahwa dia diduga menjadi ‘kaki tangan’ atas tuduhan pembunuhan yang terjadi pada 1992.

Dua hari setelah penangkapan Om Prakash menjadi berita utama, BBC mencoba mencari keluarganya untuk mendengar sisi cerita mereka - dan apa yang akan mereka katakan untuk membelanya.

Di perkampungan kumuh Harbans Nagar yang luas di mana lorong-lorong labirin sempit tidak ditandai dan nomor rumah tidak berurutan, tim BBC butuh tiga setengah jam untuk melacaknya.

BBC pun bertemu Rajkumari, istri Om Prakash selama 25 tahun, dan dua dari tiga anaknya - seorang putra berusia 21 tahun dan putri berusia 14 tahun.

Dari bawah kasur kamar tidur, Rajkumari mengeluarkan sebuah surat kabar Hindi dengan rincian tuduhan terhadap suaminya dan mengatakan mereka masih terkejut. Dia mengaku tidak tahu tentang "dugaan kriminal masa lalu" yang dilakukan suaminya.

BBC juga tidak mendapatkan pernyataan dari keluarga yang bisa membela Om Prakash. Karena ternyata keluarga juga menuduh Om Prakash berkhianat.

"Saya menikahinya pada tahun 1997, tanpa mengetahui bahwa dia sudah menikah dan memiliki keluarga di Haryana," tuduh sang istri.

Rajkumari, yang menikah dengannya pada 1997, mengatakan secara lokal dia dikenal sebagai Bajrang Bali atau Bajrangi, setelah sebuah toko yang dia kelola pada 1990-an, menjual dan meminjamkan perekam kaset video (VCR) film. Dia juga dikenal sebagai "Fauji Tau" - paman tentara - mengacu pada tahun-tahun tentaranya.

Rajkumari mengatakan setelah pernikahan mereka, dia menyadari bahwa Om Prakash menyembunyikan sesuatu.

Dia membawanya ke desa Naraina di mana dia memperkenalkannya kepada saudara laki-lakinya dan keluarganya.

Beberapa tahun kemudian, Rajkumari mengetahui tentang pernikahan Om Prakash sebelumnya ketika suatu hari istri pertamanya muncul dan membuat keributan di luar rumah mereka.

"Saat itulah saya, dan semua tetangga kami, mengetahui bahwa dia memiliki kehidupan lain - seorang istri dan seorang putra yang dia sembunyikan. Kami merasa dikhianati,” terangnya.

Dia menceritakan Om Prakash jarang pulang ke rumah selama menikah dengan dirinya. Om Prakash selalu berdalih jika dia tidak bisa pulang ke rumah karena pekerajannya sebagai sopir truk jarak jauh.

Namun Rajkumari bersikeras bahwa itu karena suaminya mengunjungi keluarga lain.

Hubungan mereka pun memburuk, pasangan itu terus bertengkar dan pada 2007, Om Prakash menghilang lagi.

"Saya sangat muak sehingga saya menceraikannya, saya pergi ke kantor pemerintah daerah dan memberikan janji secara tertulis bahwa saya tidak ada hubungannya dengan dia lagi. Tapi dia kembali tujuh tahun kemudian dan sering berkunjung," ujarnya.

"Dia memanggil kami dengan nama, tetapi setiap kali dia datang, kami memberinya makanan karena kasihan karena dia ayah kami dan seorang lelaki tua," tambah putrinya yang berusia 14 tahun.

Rajkumari mengatakan bahwa sebelumnya, polisi Haryana membawanya pergi karena dugaan kasus pencurian.

"Dia menghabiskan enam-tujuh bulan di penjara saat itu, tetapi dia kembali dan memberi tahu kami bahwa dia telah dibebaskan dari semua tuduhan," katanya.

Meskipun ditangkap, dia tetap berada dalam daftar pelarian dalam kasus pembunuhan karena catatan polisi sebagian besar tidak didigitalkan dan tidak umum bagi polisi di distrik yang berbeda untuk berbicara satu sama lain atau berbagi informasi.

Sementara itu, Kumar mengatakan seorang penduduk desa Naraina di distrik Panipat Haryana, mengatakan Om Prakash bekerja sebagai sopir truk selama 12 tahun di Korps Sinyal tentara India, sebelum dipecat pada 1988 karena tidak bertugas selama empat tahun.

Kumar menjelaskan Om Prakash melakukan beberapa pelanggaran hukum bahkan sebelum dugaan pembunuhan. Dia diduga mencuri mobil pada 1986. Empat tahun kemudian, dia dituduh mencuri sepeda motor, mesin jahit dan skuter. Polisi mengatakan kejahatan terjadi di berbagai distrik dan di beberapa distrik. Om Prakash sempat ditangkap namun kemudian dibebaskan dengan jaminan.

Kumar mengatakan pada Januari 1992, Om Prakash dan pria lain mencoba merampok seorang pria yang sedang mengendarai sepeda.

"Ketika pria itu melawan, mereka menikamnya. Ketika mereka melihat sekelompok penduduk desa berlari ke arah mereka, mereka meninggalkan skuter mereka dan melarikan diri," tuduhnya.

Kumar menjelaskan, orang kedua ditangkap dan menghabiskan "tujuh-delapan tahun penjara" sebelum dia dibebaskan dengan jaminan.

Sejak saat itu, Om Prakash menghilang dan jejaknya tak pernah diketahui sampai akhirnya ditangkap awal pekan ini. Polisi sebelumnya menyatakan dia sebagai penjahat paling dicari dan arsip kejahatannya tergeletak begitu saja penuh dengan debu.

Setelah ditangkap, Om Prakash member tahu polisi bahwa dia menghabiskan tahun pertama setelah dugaan pembunuhan berlindung di kuil-kuil di negara bagian selatan Tamil Nadu dan Andhra Pradesh.

Setahun kemudian, dia kembali ke India utara, tetapi alih-alih pulang, dia memantapkan dirinya sejauh 180km (112 mil) di Ghaziabad, di mana dia menemukan pekerjaan mengemudikan truk.

Sejak 2007, ia juga telah melakukan peran kecil dalam film lokal berbahasa Hindi, berperan sebagai kepala desa, penjahat, bahkan polisi, mengucapkan dialog dan menyanyikan lagu. Salah satu filmnya - Takrav - telah ditonton 7,6 juta kali di YouTube. Klip-klip dari film tersebut telah ditonton lebih dari beberapa juta kali.

"Dia memperoleh satu set dokumen resmi baru seperti kartu pemilih dan kartu Aadhaar," ujarnya.

Tapi Om Prakash, membuat satu kesalahan fatal - semua dokumen barunya berisi nama asli dia dan ayahnya, yang menyebabkan dia dengan cepat ditangkap.

Polisi setuju bahwa keluarga baru Om Prakash atau tetangganya tidak tahu tentang dugaan "masa lalu kriminalnya".

Lalu bagaimana polisi bisa menangkapnya? Pada 2020 - setahun setelah Haryana membentuk Satuan Tugas Khusus untuk menangani kasus-kasus kejahatan terorganisir, penyitaan narkotika, terorisme dan yang akan melibatkan melintasi batas negara - berkas Om Prakash dibuka kembali.

Pasukan memasukkannya ke dalam daftar "paling dicari" dan mengumumkan hadiah 25.000 rupee (Rp4,7 juta) untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Di masa lalu juga, ada kasus di mana penjahat yang telah buron untuk waktu yang sangat lama, kadang-kadang beberapa dekade, telah ditangkap.

Tetapi jurnalis senior Indian Express Amil Bhatnagar, yang menghabiskan waktu bertahun-tahun di Ghaziabad untuk melacak kisah-kisah kejahatan, mengatakan "polisi biasanya membuka kembali kasus-kasus dingin hanya ketika mereka melibatkan terorisme atau pembunuhan berantai atau jika mereka telah menerima petunjuk". Tidak sepenuhnya jelas mengapa kepolisian memutuskan untuk menyelidiki kembali kasus ini.

Tetapi dua bulan yang lalu, polisi mengunjungi desa Naraina dan "berbicara dengan orang-orang yang berusia 50-an dan 60-an, yang mengingat Om Prakash".

Di situlah mereka mendapatkan petunjuk pertama - bahwa Om Prakash telah mengunjungi desa itu sekitar dua dekade lalu dan bahwa dia mungkin tinggal di suatu tempat di Uttar Pradesh.

Pada perjalanan kedua mereka, mereka menemukan nomor telepon yang terdaftar atas nama Om Prakash dan akhirnya dapat melacak alamat barunya.

“Polisi mengintai daerah itu selama seminggu dan mengidentifikasi rumahnya. Mereka mengatakan mereka juga berjuang dengan identifikasi karena mereka hanya memiliki foto berusia 30 tahun dan sekarang dia terlihat sangat berbeda. Kami ingin memastikan kami mendapatkan orang yang tepat," kata Kumar.

"Operasi itu dilakukan dengan sangat rahasia karena kami khawatir bahwa satu gerakan salah dan dia akan melarikan diri selama 30 tahun lagi," tambahnya.

Penangkapan seorang pria yang menjadi buronan untuk waktu yang lama dipandang sebagai kemenangan bagi Satuan Tugas Khusus, tetapi Bhatnagar mengatakan kerja keras yang sebenarnya bagi polisi dimulai sekarang.

"Mereka harus membuktikan di pengadilan bahwa mereka telah mendapatkan orang yang tepat. Dan pengadilan harus memeriksa secara mendalam apakah dia orang yang tepat dan apakah dia melakukan kejahatan yang dituduhkan,” terangnya.

Mengingat kejahatan itu terjadi beberapa dekade lalu, Bhatnagar mengatakan, kualitas bukti juga akan menjadi fokus.

"Keausan bukti adalah aspek yang sangat nyata dari kasus kejahatan. Ini akan menjadi tugas berat bagi polisi dan kejaksaan untuk membangun kasus yang kedap air,” lanjutnya.

BBC mencoba bertanya ke istrinya apakah dia mencoba menemui Om Prakash setelah ditangkap. Sang istri pun memiliki jawabannya sendiri.

"Polisi mengatakan kami harus menyerahkan kartu identitas kami jika kami ingin bertemu dengannya, tetapi saya tidak ingin melakukan itu. Apa untungnya dari itu?,” ujarnya.

Sumber: okezone
Foto: Kisah pria yang menjadi buronan paling dicari di India (Foto: BBC)
Kisah Buronan Paling Dicari, Akting di 28 Film dan Bersembunyi Selama 30 Tahun Kisah Buronan Paling Dicari, Akting di 28 Film dan Bersembunyi Selama 30 Tahun Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar