Breaking News

Partai Komunis China Tetapkan Xi Jinping sebagai Pemimpin Tiga Periode


Presiden China Xi Jinping telah mengamankan masa jabatannya yang ketiga, dan belum pernah terjadi sebelumnya di negara tersebut.

Komite Sentral Partai Komunis China (PKC) telah memilih Xi sebagai Sekretaris Jenderal untuk masa jabatan lima tahun mendatang pada Minggu (23/10), seperti dimuat Xinhua.

Xi dipilih dalam proses pemungutan suara tertutup selama Sidang yang dihadiri oleh 203 Komite Sentral PKC dan 168 anggota pengganti. Itu dilakukan setelah Kongres ke-20 PKC digelar selama sepekan terakhir.

Xi juga ditunjuk sebagai Ketua Komisi Militer Pusat PKC pada sesi yang sama.

Adapun pengumuman resmi masa jabatan ketiga Xi akan dilakukan pada Maret tahun depan, selama sesi legislatif tahunan.

Berdasarkan hasil Kongres, Komite Sentral baru telah dibentuk, dan terjadi perombakan besar-besaran dari komite sebelumnya. Dari 205 anggota yang terdaftar, hanya 11 yang perempuan.

Perdana Menteri China Li Keqiang, pejabat paling kuat kedua setelah Xi, tidak terdaftar dalam Komite Sentral yang baru. Ini berarti Li akan pensiun dari peran partainya.

Dengan tonggak sejarah ini, nama Xi berada dalam daftar pemimpin paling berpengaruh di China sejak PKC didirikan oleh Mao Zedong.

Xi sendiri telah menghapus batas dua masa jabatan presiden pada 2018, membuka jalan baginya untuk memerintah tanpa batas waktu. 

Sumber: rmol
Foto: Presiden China Xi Jinping/Net
Partai Komunis China Tetapkan Xi Jinping sebagai Pemimpin Tiga Periode Partai Komunis China Tetapkan Xi Jinping sebagai Pemimpin Tiga Periode Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar