Breaking News

Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Maluku Usai Diguncang Gempa, Masyarakat Panik dan Mengungsi


Gempa berkekuatan magnitudo 7,9 yang mengguncang wilayah Maluku pada Selasa (10/1/2023) dini hari waktu setempat menghadirkan fenomena mengejutkan.

Pasca gempa, sebuah pulau tiba-tiba muncul di permukaan air di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Bony Kelmaskossu.

"Temuan di Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, gempa berkekuatan magnitudo lebih dari 7 mengakibatkan munculnya tumpukan material sehingga membentuk pulau," kata Bony Kelmaskossu, dikutip dari Antara.

Akibat fenomena tersebut, Bony mengatakan seluruh masyarakat Desa Teinaman panik dan takut. 

Pihaknya pun mengarahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu.

"Kebijakan yang ditempuh, kami arahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu," ujar Bony Kelmaskossu.

Ia berharap pemerintah dan instansi teknis terkait untuk menindaklanjuti fenomena yang terjadi di desa itu.

Sementara itu, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Luthfy Pary menyatakan,  pihaknya belum bisa menginformasikan lebih detail terkait fenomena pulau yang muncul di Desa Teinaman karena perlu kajian lebih mendalam.

Istilah yang mirip dengan fenomena ini dikenal dengan “mud volcano”, tetapi perlu kajian lebih mendalam.

Namun karena informasi yang didapat belum lengkap, pihaknya belum bisa memastikan apakah fenomena tersebut akibat gempa atau bukan.

"Informasi yang kami peroleh belum lengkap apakah fenomena itu memang murni diakibatkan oleh dampak ikutan akibat gempa atau bukan, sejauh ini kami belum mendapatkan informasi yang akurat," ujarnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tektonik dengan magnitudo 7,9 terjadi di wilayah Maluku pada kedalaman 131 km. Pusat gempa berada di laut 148 km Barat Laut Maluku Tenggara Barat.

Sumber: suara
Foto: Pulau baru di Kepulauan Tanimbar: Sebuah daratan atau pulau baru seketika muncul di tengah laut pasca gempa bumi bermagnitudo 7.9 di Perairan Kepulauan Tanimbar, Maluku, Selasa (10/1/2023) dini hari. (Dok.Polres Kepulauan Tanimbar)/Polres Kepulauan Tanimbar
Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Maluku Usai Diguncang Gempa, Masyarakat Panik dan Mengungsi Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Maluku Usai Diguncang Gempa, Masyarakat Panik dan Mengungsi Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar