Breaking News

Jaksa: Juliari 3 Kali Sewa Jet Pribadi Pakai Uang Suap Bansos

 


Komando Bhayangkara - Jaksa penuntut umum menyebut mantan Menteri Sosial (Mensos), Juliari Peter Batubara menyewa jet pribadi menggunakan uang dugaan suap pengadaan paket bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19.

Politikus PDIP itu memakai jet pribadi untuk kunjungan kerja ke sejumlah daerah seperti Lampung; Denpasar, Bali; dan Semarang, Jawa Tengah.

"Dengan sepengetahuan terdakwa, Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono juga menggunakan uang fee untuk kegiatan operasional terdakwa selaku menteri sosial dan kegiatan operasional lainnya di Kementerian Sosial RI," kata jaksa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (21/4).

Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek pengadaan bansos Covid-19. Adi Wahyono juga sempat menjabat sebagai Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial.

Jaksa mengatakan Juliari mengeluarkan uang sebesar Rp270 juta untuk menyewa jet pribadi saat kunjungan kerja dirinya dan rombongan Kemensos ke Lampung.

Jumlah uang yang sama juga dikeluarkan Juliari untuk keperluan kunjungan kerja ke Denpasar, Bali.

"Pembayaran sewa pesawat (private jet) terdakwa dan rombongan Kementerian Sosial dalam kunjungan kerja ke Semarang sebesar US$18.000," tambah jaksa.

Dalam surat dakwaan, Juliari disebut memerintahkan Adi Wahyono dan Matheus untuk mengumpulkan fee dari rekanan penyedia bansos Covid-19. Total uang yang terkumpul mencapai Rp32,4 miliar.

Selain untuk keperluan pribadi Juliari, uang tersebut juga mengalir ke sejumlah pihak lain, di antaranya yakni pejabat Kemensos, pedangdut Cita Citata hingga pengacara Hotma Sitompul.

Paket pengadaan bansos sembako yang menjadi bancakan ini diperuntukkan di wilayah Jabodetabek tahun 2020 dengan 12 tahap. Paket tersebut dikerjakan oleh ratusan perusahaan.

Masing-masing rekanan mendapat kuota dan nilai paket yang berbeda, mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. (MKB/CNNINDONESIA)

Foto: Eks Menteri Menteri Sosial Juliari P Batubara menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (21/4). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Jaksa: Juliari 3 Kali Sewa Jet Pribadi Pakai Uang Suap Bansos Jaksa: Juliari 3 Kali Sewa Jet Pribadi Pakai Uang Suap Bansos Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar