Breaking News

Taj Yasin Bangga Siswa SD Isriati I Baiturrahman Bawa Medali di Kompetisi Internasional WYII


Komando Bhayangkara, Semarang - Annisa Alifia Zahra, Rahajeng Gianata Amalina, Anggito Khayru Nafis, dan Satria Ibtibhawira Nezar Natalegawa, Rabu (25/08/2021) mendapat kesempatan istimewa bertemu Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di rumah dinasnya. Mereka adalah siswa-siswa SD Isriati Baiturrahman 1 yang baru saja mengukir prestasi di ajang World Young International and Innovation Award (WYIIA) 2021 di Rumania Eropa Timur.

Wakil Kepala Sekolah SD Isriati Baiturrahman 1 Sri Lestari yang juga sebagai pembimbing tim mengatakan, anak-anak didiknya berhasil meraih medali silver (juara II), setelah “bertarung” menghadapi 400 tim yang berasal dari 35 negara. Tim SD Isriati Baiturrahman I mengajukan karya ilmiah yang dikemas dengan judul “E-RAINBOW-ZYME: An Alternative Innovation of Waste Reduction for Environmentally Friendly and Non-Toxic Mopping Liquid”.

Mendengar penuturan pendamping siswa, Wakil Gubernur Taj Yasin - pun terdorong untuk meminta salah satu siswa bisa mempresentasikan penelitiannya dalam bahasa Inggris. Dengan percaya diri,  Annisa Alifia Zahra memberikan penjelasan mengapa timnya memilih topik pengurangan sampah dengan memanfaatkan limbah organik.

“So the backround is, according to the data world bank, number of waste that were dispose in the landfield is around one thousand and five hundred ton, of waste per day. This isn’t a small number. Besides, our teacher told us, the organic waste can be choose. So, we discuss about an alternative solution, reduce amount of kitchen of organic waste in the landfield. We did the experiment,” jelasnya

Presentasi singkat Annisa pun disambut tepuk tangan. Wagub Taj Yasin mengaku bangga dengan mereka. Meski masih usia sekolah dasar, prestasinya patut diacungi jempol karena sudah di tingkat internasional. Terlebih, kompetisi yang diikuti di bidang science (ilmu pengetahuan)

“Ini perlu kita dorong untuk menyemangati. Dan tentu kami dari Jateng sendiri juga bangga. Ada dari sekian anak didik yang mengikuti lomba internasional. Bahkan yang mengikuti ada 35 negara, dan ada sekitar 400 tim yang mengikuti lomba internasional. Dan mereka, adik-adik mendapatkan silver,” tuturnya.

Gus Yasin, sapaan akrabnya, juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan para guru yang sudah membantu, menemani dan mendampingi anak-anak. Keberadaan mereka membuat anak-anak memiliki kepercayaan diri yang kuat dan menjadi anak hebat, sehingga mampu mengukir prestasi yang membanggakan. 

Pada September mendatang, lanjut Wagub, mereka akan kembali mengikuti kompetisi lanjutan yang merupakan pengembangan hasil penelitian sebelumnya. Pihaknya mendoakan, tim akan membawa pulang medali emas.

“In syaa Allah akan dilanjutkan di bulan September, akan mengikuti lomba internasional juga. Kita doakan bersama-sama semoga bisa mendapatkan gold. Sehingga bisa menjadi kebanggaan kita,” harapnya.
Taj Yasin Bangga Siswa SD Isriati I Baiturrahman Bawa Medali di Kompetisi Internasional WYII Taj Yasin Bangga Siswa SD Isriati I Baiturrahman Bawa Medali di Kompetisi Internasional WYII Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar