Breaking News

Dandim 0704/Banjarnegara Memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan


Komando Bhayangkara, Banjarnegara - Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan, S.E., M.Si. melaksanakan monitoring dan evaluasi TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2022 Kodim 0704/Banjarnegara sekaligus sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada mahasiswa KKN UGM dan IPB di Desa Sarwodadi Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara. Senin (11/07/22).

Dandim Banjarnegara menyampaikan Generasi muda harus disiapkan sedari sekarang karena suatu saat nanti akan menjadi tulang punggung Negara terutama para Mahasiswa yang notabene merupakan kaum intelektual calon-calon birokrat, teknokrat dan pemimpin Indonesia. Secara garis besar masyarakat Indonesia terdiri dari latar-belakang yang berbeda-beda baik suku, ras, adat istiadat maupun agama sehingga tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan maka kondisi itu bisa menjadi suatu kerawanan.

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya disintegrasi, maka diperlukan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan yang terdiri dari sikap rela berkorban demi kepentingan Bangsa, kesederajatan dalam berperan, rasa kekeluargaan sesama anak Bangsa dan gotong royong guna mencapai kepentingan bersama.

Wawasan Kebangsaan jangan sampai memudar karena bisa menyebabkan beberapa dampak negatif yakni hilangnya jati diri dan karakter Bangsa, ancaman terjadinya disintegrasi Bangsa, melemahnya daya saing dan daya tangkal Bangsa serta tidak terwujudnya tujuan, cita-cita Bangsa. 

Cita cita bangsa indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia, memajukan kesejahteraan umum, ,mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Pada dasarnya setiap masyarakat sudah memiliki jiwa Nasionalismenya masing-masing meskipun diekspresikan dengan karakter berbeda karena dipengaruhi fenomena perubahan generasi mulai dari generasi baby boomer (lahir 1946 - 1960), generasi X (lahir 1961 - 1980), generasi Y (lahir 1981 - 1995) dan generasi Z/Alpha (lahir 1996 - sekarang).




Adapun generasi Z/Alpha merupakan generasi yang digadang-gadang akan memiliki peran besar saat Indonesia memasuki tahun emas 2045 mendatang dan secara umum mereka memiliki beberapa ciri menonjol yaitu sangat tergantung dengan teknologi informatika, kurang tertarik membaca secara konvensional, aktif bersosial-media serta lebih cepat dalam menerima informasi.

Generasi Z/Alpha tentunya harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari agar kelak benar-benar bisa memenuhi ekspektasi mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan syarat memiliki kecerdasan yang komprehensif (produktif/inovatif), damai dalam interaksi sosialnya dan berkarakter kuat, sehat/menyehatkan dalam interaksi alamnya serta berperadaban unggul.

Berdasarkan program yang disusun oleh Bappenas bahwa momentum Indonesia Emas 2045 akan bertepatan dengan peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia dan visinya adalah untuk mewujudkan Indonesia yang maju, adil dan makmur dalam bingkai NKRI.

Namun demikian impian Indonesia Emas 2045 juga bisa mengalami hambatan jika generasi kita terpapar budaya asing yang negatif, terjadinya kegagalan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan hilangnya rasa Nasionalisme dalam penerapan nilai-nilai Pancasila.

Oleh sebab itu impian Indonesia Emas 2045 mari kita realisasikan bersama mulai dari langkah kecil dengan melestarikan budaya Indonesia, bangga sebagai orang Indonesia dan mencintai produk-produk asli Indonesia.(Pendim 0704 banjarnegara) (red MKB)
Dandim 0704/Banjarnegara Memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dandim 0704/Banjarnegara Memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar