Breaking News

BPJS Ketenagakerjaan Mitra Jaminan Pekerja Terutama Pekerjaan Beresiko Tinggi


Komando Bhayangkara, Pemalang - BPJS Ketenagakerjaan merupakan asuransi sosial yang memiliki manfaat cukup lengkap untuk melindungi pekerja, apalagi  untuk para Nelayan atau Anak Buah Kapal (ABK) yang mempunyai resiko tinggi.

Dengan kejadian kecelakaan Kapal pada tanggal 2 Juli 2022 lalu, banyak ABK Asal Kabupaten Pemalang menjadi korban Kapal Tenggelam di lautan Arafura Merauke sehingga ada 25 ABK  menjadi Korban. Dari 23 ini Asal dari Pemalang 14 dinyatakan hilang hingga saat ini, yang 9 ABK Selamat.

Dalam hal ini membuat Pihak BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Pemalang Menanggapi bahwa jaminan Ketenagakerjaan khususnya untuk Nelayan itu sangat penting. Mengingat bahwa bekerja di laut beresiko tinggi kata orang sudah kontrak mati.

Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Pemalang Achmad ATH Thobarry saat ditemui awak media di ruang kerjanya  menyampaikan, " BPJS Ketenagakerjaan merupakan asuransi sosial yang memiliki manfaat cukup lengkap untuk melindungi pekerja, apalagi untuk para Nelayan atau Anak Buah Kapal ( ABK)" turur Achmad

Program jaminan Ketenagakerjaan ini sangat penting akan tetapi, hal tersebut tidak dapat dilaksanakan sendiri dan untuk kami perlu dukungan dari pihak - pihak terkait diantaranya Pemerintah Daerah, dengan Perusahaan swasta. Untuk dibeberapa daerah sudah ada yang namanya perlindungan pekerja rentan dan sudah berjalankan saat ini. Jelas Kacab BPJS ketenagakerjaan Pemalang

Lebih lanjut, Sesuai dengan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 4 Tahun 2022,  Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim salah satunya adalah Program jaminan Ketenagakerjaan, dengan penuh harapan kami mengajak Pemerintah Daerah maupun Swasta BUMD, BUMN, sama sama kita untuk mendukung perlindungan buat para Nelayan, Karena program jaminan sosial,  ini sebagai pengamanan atau pafer . Terangnya kepada awak media Rabu, 3 Agustus 2022

Jika mereka terjadi sesuatu tidak yang di inginkan misalnya meninggal atau cacat total tetap, maka ahli waris yang di tinggalkan tidak akan  menjadi miskin. Mengapa demikian ?


"Artinya program akan mencegah kemiskinan khususnya di kabupaten Pemalang, jadi semoga kolaborasi ini Pemerintah Daerah, Swasta, maupun para media wartawan, kita semuanya sama sama sempuyung bagaimana mensejahterakan para Nelayan yang ada di Kabupaten Pemalang." Kata Kepala Cabang Bpjs Ketenagakerjaan

Untuk seorang pelaut atau Nelayan kami mengajak para nelayan sebelum melaut memastikan panjenengan semua sudah mempunyai jaminan Ketenagakerjaan, mengapa demikian ?

Karena mungkin kita pribadi pengennya selalu sehat dan umur panjang, tapi namanya resiko besar tentu saja punya potensi besar untuk sesuatu terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Dan dirumah keluarga kita selalu menunggu kalau kita misalnya terjadi sesuatu mereka juga butuh perlindungan, dengan program jaminan Ketenagakerjaan harapan nya kita dapat memastikan kita dan keluarga dapat memiliki jaminan Ketenagakerjaan. Imbuhnya.


Acmad ATH Thobarry menjelaskan, " Apa manfaat nya untuk kita semua, Manfaatnya sangat besar dengan iuran Rp. 16.800/bulan itu ada perlindungan kecelakaan kerja dengan pengobatan dan  perawatan sampai dengan sembuh. Bahkan jika meninggal Dunia santunan sampai dengan 70 juta rupiah,  untuk ahli waris" terangnya.

Nominal itu sangat besar apalagi ditambah beasiswa maksimal 174.000.000 untuk 2 dua orang anak, jadi iuran yang sangat kecil hanya mulai dari Rp. 16.800/bulan ini teman teman sendiri bisa menyisihkan tiap bulan. Untuk memastikan keluarga dan dirinya terlindungi jaminan Ketenagakerjaan. Tutup Kepala Cabang Bpjs Ketenagakerjaan Kabupaten Pemalang. (Surya/bdn MKB)
BPJS Ketenagakerjaan Mitra Jaminan Pekerja Terutama Pekerjaan Beresiko Tinggi BPJS Ketenagakerjaan  Mitra Jaminan Pekerja Terutama Pekerjaan Beresiko Tinggi Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar