Breaking News

10 Hacker Indonesia Paling Berbahaya, Ada yang Meretas Satelit hingga Manipulasi Data Keuangan


Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan kemunculan hacker bernama Bjorka. Melalui channel Telegram dan akun Twitter miliknya, @bjorkanism, ia membocorkan database pemerintah dan juga data pribadi sejumlah pejabat di Indonesia. Namun, sebelum Bjorka, ternyata ada sederet hacker Indonesia yang aksinya pernah viral pada masanya. 

Daftar Hacker Indonesia

Hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan menembus sistem keamanan komputer atau jaringan komputer, untuk mendapatkan akses data. Tujuan hacker bermacam-macam, mulai dari mengetes sistem keamanan hingga melakukan tindakan kriminal.

Melansir Tech Funnel, hacker terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya black hat hacker (hacker dengan motif jahat), white hat hacker (hacker bermotif baik), grey hat hacker (hacker yang tak dapat diprediksi motifnya), hacktivist (hacker dengan kepedulian tinggi yang gemar menyampaikan aspirasinya), dan script kiddie (hacker pemula yang masih dalam tahap belajar pemrograman teknologi). 

Merangkum channel YouTube Dodi Wijaya, berikut ini deretan hacker Indonesia yang paling berbahaya di dunia.

1. HMEI7

Bagi orang awam nama HMEI7 mungkin terdengar asing, tapi di kalangan para hacker, nama HMEI7 cukup disegani. Namanya pernah terpampang sebagai mass of defacer top di zone-h. Banyak situs-situs besar yang berhasil diretas seperti pizza hut, IBM dan situs situs besar lain. Menurut data zone-h.org, sebanyak 294.402 web pernah ia lumpuhkan, di antaranya 139.721 ip tunggal dan 154.681 deface massa.

2. XSVSHACKER

Pada tahun 2011, hacker Indonesia XSVSHACKER pernah meretas database server NYPD (New York City Police Department) dan CIA (Central Intelligence Agency). Dalam aksinya itu, ia berhasil mencuri data penting, defacing ke lebih dari 430 ribu situs di dunia, salah satunya situs kepresidenan Israel. Ia juga pernah meretas database game Zynga.

3. Kang Onno

Onno Widodo Purbo merupakan pakar teknologi informasi asal Bandung. Kang Onno bahkan pernah memenangkan penghargaan internasional, Jonathan B Postel Service Award. Gelar ini diberikan sebagai penghargaan atas kontribusi teknis, kepemimpinan dan pengabdiannya yang luar biasa dan terus-menerus bagi komunitas Internet global. Ia merupakan wisudawan terbaik Teknik Elektro ITB pada tahun 1981. Setelah menyelesaikan S1, Kang Onno pun melanjutkan studinya ke Kanada lewat jalur beasiswa. 

4. Xnuxer

Dani firmansyah atau lebih dikenal sebagai Xnuxer, hacker yang sempat membuat heboh tanah air pada masanya. Pada April 2004, dirinya berhasil membobol situs kpu.go.id dengan cara XSS atau cross site scripting dan SQL injection. Usai berhasil masuk ke dalam lingkup sistem, ia membuka nama 24 partai politik. Kemudian mengganti nama-nama peserta pemilu dengan nama buah. Karena aksinya, kepolisian akhirnya menjatuhi hukuman sekitar tujuh bulan penjara. Saat ini, Dani menjadi Co-Founder sekaligus CTO (Chief Technology Officer) di sebuah perusahaan jasa teknologi informasi.

5. E5a_CYB3R

Erza Jullian, nama di balik hacker ternama E5a_CYB3R. Kemampuannya yang handal membuatnya berhasil menjebol sistem keamanan KPU. Dalam serangannya, ia mengubah tampilan pada situs resmi KPU. Diketahui, ia termasuk salah satu hacker yang berasal dari grup hacker Manusia Biasa Team. Ia juga merupakan salah satu anggota Anonymous Hacker Indonesia.

6. Pak Made

Bernama asli I Made Wiryana, Pak Made menjadi salah satu hacker Indonesia yang kemampuannya diakui dunia. Hacker Indonesia satu ini ditugaskan sebagai salah satu Cyber Paspampres RI. Ia dipercaya untuk mengurus masalah maintenance website dan server mantan presiden SBY. Bukti nyata sebagai hacker profesional, ia pernah melakukan backup server kepresidenan dalam hitungan detik setelah sebelumnya digempur oleh serangan DDoS. Dia bersama Pak Rusmanto, seorang pakar di dunia Linux, mengembangkan dan mempelopori perkembangan Linux di Tanah Air.

7. Mr. Dick

Meski namanya tergolong unik, hacker Indonesia satu ini memiliki kemampuan meretas situs keamanan dunia maya yang tak perlu diragukan lagi. Diketahui, ia adalah putra daerah asal Kalimantan. Keahliannya tak sembarangan, ia mampu meretas ribuan server dalam beberapa detik saja. Mr. Dick saat ini bekerja di Microsoft dan Google untuk membantu mereka mengembangkan software yang dirilis. Tak cuma mengembangkan, Mr. Dick juga mempelajari dan menguatkan sistem pertahanannya.

8. Jim Geovedi

Dikutip dari channel YouTube Daftar Populer, Jim Geovedi pernah viral setelah mengunggah video cara meretas satelit luar angkasa pada 2009. Di luar itu, pria kelahiran 1979 tersebut mengaku berhasil mengakses dan mengontrol trafik internet di Indonesia, bahkan memanipulasi data keuangan. Namun, sekarang ia berhenti menjalankan aksinya sebagai black hat hacker. Kini ia menjalankan perusahaan konsultan jasa sistem keamanan cyber yang bermarkas di London. Perusahaan ini menawarkan jasa pengamanan sistem satelit, perbankan, hingga telekomunikasi.

9. Bio666x

Pada tahun 2019, Yogi Nugraha alias Bio666x dikabarkan pernah berhasil mematikan jaringan Malaysia. Di usianya 19 tahun kala itu, ia turut berpartisipasi dalam perang cyber antara Indonesia dan Australia, hingga berhasil mendeface website resmi negara kanguru tersebut. Kemahirannya dibuktikan lewat 1.700 web dan blog di Australia yang berhasil ia retas. Ia juga pernah meretas data-data penting kemiliteran Singapura. 

10. Putra Aji Adhari

Putra Aji Adhari, hacker asal Jakarta Selatan, mulai viral saat ia bisa menembus situs bank dalam negeri dan menerobos situs NASA saat pada tahun 2019. Pada saat viral, ia masih berusia 15 tahun dan diketahui mulai meretas sejak usia 12 tahun. Bocah jenius ini masuk dalam kategori white hat hacker karena sengaja menembus database situs-situs yang diretas untuk mendapatkan celah kelemahannya. Celah tersebut akan diberitahukan kepada pemilik situs untuk mereka perbaiki.

Putra Aji sendiri pernah diajak bekerja sama oleh salah satu start-up untuk memegang posisi Chief Technology Officer (CTO), tapi ditolaknya karena ingin fokus menyelesaikan pendidikannya. Pahun 2020, nasib malang menimpanya. Ia dikeroyok oleh orang tak dikenal dan dilarikan ke rumah sakit. Salah satu pelaku langsung diamankan oleh pihak berwajib. 

Itu dia daftar hacker Indonesia paling berbahaya di dunia yang aksinya pernah viral pada masanya. Yang mana hacker favorit Anda? 

Sumber: tempo
Foto: Ilustrasi Hacker/Net
10 Hacker Indonesia Paling Berbahaya, Ada yang Meretas Satelit hingga Manipulasi Data Keuangan 10 Hacker Indonesia Paling Berbahaya, Ada yang Meretas Satelit hingga Manipulasi Data Keuangan Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar