Breaking News

Pengamat: Bjorka Kemungkinan Sudah Punya Data MyPertamina


Setelah berkali-kali melakukan pembobolan terhadap data dari instansi pemerintah, peretas yang tengah ramai jadi pembicaraan, Bjorka, membuat pernyataan akan membobol data MyPertamina.

Menanggapi hal itu, pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, berpendapat bahwa data sebenarnya sudah di tangan Bjorka. “Kemungkinan kalau dia ungkapkan, sebenarnya dia sudah punya datanya ketika dia mengungkapkan hal tersebut,” ujar Alfons lewat pesan singkat, Senin, 12 September 2022.

Akun hacker Bjorka berencana segera mempublikasikan data yang terdapat di aplikasi MyPertamina. Hal itu disampaikan pada forum breached.to.

Bjorka menyatakan publikasi data tersebut untuk mendukung rakyat Indonesia yang tengah berdemo menolak kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. "Untuk mendukung masyarakat yang sedang berjuang dengan mengadakan demonstrasi di Indonesia mengenai harga bahan bakar minyak. Saya akan segera mempublikasikan database MyPertamina," tulis akun Bjorka di grup Telegram yang dibuatnya.

Tangkapan layar pesan tersebut tersebar dan ramai diperbincangkan warganet hingga akhirnya sempat merajai trending topic di media sosial Twitter pada Sabtu, 10 September 2022.

Selain sudah membocorkan data registrasi SIM Card, Bjorka mengklaim sudah membobol data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dokumen untuk Presiden Joko Widodo. Dengan bercanda, Alfons menanggapi data yang dikeluarkan sedikit demi sedikit oleh Bjorka bagaikan sedang mencicil, “Mungkin dia pengalaman kredit motor ya,” kata Alfons.

Namun, ia menduga data yang dikeluarkan nanti kurang mantap. “Datanya kurang afdol, itu paling data kependudukan yang notabene sudah ada di mana-mana dan data kendaraan bermotor beserta NIK pemilik yang notabene sudah bocor di breached.to dan tinggal digabungkan dengan data kependudukan yang ada,” jelas Alfons.

Sumber: tempo
Foto: Kolase Bjorka dan Aplikasi MyPertamina/Net
Pengamat: Bjorka Kemungkinan Sudah Punya Data MyPertamina Pengamat: Bjorka Kemungkinan Sudah Punya Data MyPertamina Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar