Breaking News

Kriminolog UI Analisa Sikap Christian Rudolf Tobing Tersenyum Habis Membunuh


Kriminolog UI (Universitas Indonesia) Josias Simon menganalisa sikap Christian Rudolf Tobing (36) yang tersenyum habis membunuh teman dekatnya Icha alias Ade Yunia Rizabani (36).

Sikap Christian Rudolf Tobing tersenyum usai menghilangkan nyawa temannya ini dianggap mengerikan karena merasa puas keinginannya telah tercapai.

Gestur wajah pelaku tersenyum di dalam lift di Apartemen Pramuka Cempaka Putih Jakarta Pusat diartikan Josias sebagai ungkapan rasa puas karena keinginannya tercapai.

Masih penilaian Josias Simon berdasarkan video rekaman CCTV, tersangka tak memiliki rasa penyesalan dari wajahnya setelah menghabisi nyawa korban.

Dia menilai, pelaku berupaya membuang jasad korban dengan menggunakan plastik untuk menghilangkan jejak.

“Dugaan saya, dia ada upaya menghilangkan jejak dengan menaruh dalam plastik atau tas. Kemungkinan dia dapat meloloskan diri dari penangkapan,” kata Josias Simon, Jumat (21/10/2022).

Pembunuhan Cara Lama

Motif pembunuhan yang dilakukan Christian Rudolf Tobing dengan terlebih dulu menganiaya dan membunuh korban, merupakan metode cara lama yang kerap dilakukan pelaku kejahatan.

Sesudahnya dengan membungkus rapi dalam kantong plastik merupakan upaya untuk menghilangkan jejak kejahatan.

Namun derasnya kemajuan tekhnologi, meski menggunakan metode itu akan dapat terungkap, sekalipun pelaku ada upaya menghilangkan jejak pembunuhan.

“Tapi dengan teknologi seperti sekarang, upaya yang dilakukan itu lebih susah,” paparnya.

Beredarnya video yang memperlihatkan Christian Rudolf Tobing tersenyum di dalam lift saat sedang membawa jasad Ade Yunia Rizabani, sempat menjadi sorotan.

Gestur wajah pelaku saat tersenyum di dalam lift diartikan Josias sebagai ungkapan rasa puas karena keinginannya telah tercapai.

Masih penilaian Josias berdasarkan video rekaman CCTV, tersangka tak memiliki rasa penyesalan dari wajahnya setelah menghabisi nyawa korban.

Kendati demikian, Josias menilai bahwa perbuatan tersangka belum masuk dalam kategori pembunuh profesional.

“Kalau tidak termutilasi mungkin belum tentu juga dia propesional. Karena ingin membuang saja agar jauh dari persoalan. Kalau dia memutilasi ada unsur profesional dengan sengaja menghilangkan,” ujarnya.

Bahkan, menurutnya, jika dilihat dari rekaman video yang beredar, tersangka terlihat santai ketika hendak membuang mayat dengan memasuki lift.

“Termasuk cukup sadis dengan menganiaya dan membunuh, apalagi dilakukan sendiri,” katanya.

“Tentu dia memakai peralatan, termasuk perlengkapan plastik dan membawa. Tersangka tanpa ada rasa menyesal kalau dilihat dari rekaman (video),” ucap Kriminolog UI menganalisa sikap Christian Rudolf Tobing.

Sumber: pojoksatu
Foto: Pelaku pembunuh wanita di Bekasi merupakan Christian Rudolf Tobing (ist)
Kriminolog UI Analisa Sikap Christian Rudolf Tobing Tersenyum Habis Membunuh Kriminolog UI Analisa Sikap Christian Rudolf Tobing Tersenyum Habis Membunuh Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar