Breaking News

Bawaslu Demak Memanggil Putra-Putri Terbaik untuk Menjadi PKD di 249 Desa


Komando Bhayangkara, Demak - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, Jawa Tengah, membutuhkan 249 orang untuk menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD). 

Anggota Bawaslu Demak Lispiatun mengatakan petunjuk teknis pembentukan PKD sudah keluar pada Senin (9/1). 

Dia menyampaikan pengumuman pendaftaran PKD di 249 kelurahan/desa di  dilakukan pada 9-13 Januari 2023. 

Lalu, lanjut dia, pengumpulan berkas pendaftaran akan dimulai pada 14-19 Januari 2023.

"Seluruh warga Demak yang sudah memenuhi syarat bisa langsung mendaftarkan diri di Kantor Panwaslu Kecamatan masing-masing," kata Kordiv SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Demak itu. 

Sebagai informasi, kantor Panwaslu Kecamatan bertempat di Kompleks Kantor Kecamatan.

Berkas-berkas pendaftaran bisa diakses melalui link: s.id/rekrutmenPKD.

“Seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi sebagai penyelenggaran pemilu, ayo bergabung dengan Bawaslu Kabupaten Demak dengan menjadi Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa”, ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh mengatakan pihaknya memanggil putra-putri terbaik untuk menjadi PKD di 249 kelurahan/desa yang tersebar di 14 kecamatan. 


"Masing masing desa diperlukan satu orang sehingga nantinya yang akan bergabung menjadi PKD harus orang yang mumpuni segalanya," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (10/1). 

Khoirul menyampaikan PKD harus berintegritas, menguasai UU dan regulasi pemilu, serta mampu memetakan potensi kerawanan tahapan pemilu di wilayah desanya. 

Selain itu, kata dia, Panwaslu Kelurahan Desa harus memiliki pola komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan pengawasan secara mandiri karena PKD hanya 1 orang. 

"Termasuk desa dengan penduduk padat dan wilayah luas. Di Demak ada desa dengan kondisi tersebut, seperti Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, yang memiliki lebih dari 50 TPS," tutup Khoirul Saleh. (Azis)
Bawaslu Demak Memanggil Putra-Putri Terbaik untuk Menjadi PKD di 249 Desa Bawaslu Demak Memanggil Putra-Putri Terbaik untuk Menjadi PKD di 249 Desa Reviewed by Admin Demak on Rating: 5

Tidak ada komentar