Breaking News

Barang Pribadi Pilot Susi Air Ditemukan, Polisi Tetap Upayakan Pendekatan Halus ke KKB


Polri menyatakan bahwa proses pencarian pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens masih terus dilakukan. Untuk saat ini, kepolisian akan menelusuri jejak terakhir keberadaannya.

"Update terakhir hari ini dari Kabid Humas Polda Papua sudah mulai menelusuri jejak," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2023).

Melalui proses penelusuran, kata Dedi, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya kamera, handphone atau ponsel, serta sejumlah peralatan pribadi yang diduga Kapten Philips.

Dedi menjelaskan bahwa sampai saat ini, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri bersama Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring dan pemerintah setempat tengah melakukan mediasi dengan pendekatan soft approach dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Tapi sekali lagi rekan-rekan, Kapolda, Pangdam, dan Danrem, yang paling utama adalah menggunakan pendekatan soft approach, ya, tokoh-tokoh agama, kemudian tokoh gereja dan bupati terus berkomunikasi dengan pihak KKB untuk sedapatnya dengan pendekatan yang lunak bisa diserahkan," ujar Dedi.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan bahwa pendekatan lunak atau soft approch memiliki tenggat waktu. Jika pendekatan halus dinilai gagal, maka upaya penegakan hukum sebagai alternatif terakhir.

"Tentunya tergantung kondisi situasi di wilayah ya. Nanti saya akan update lagi apabila dapat informasi," ucap Dedi.

Sebelumnya, KKB pimpinan Egianus Kogoya membakar pesawat milik Susi Air yang dipiloti Philip Merthens yang membawa lima penumpang dari Timika, Selasa 7 Februari 2023.

Sampai dengan saat ini, Pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu belum dievakuasi dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Sumber: okezone
Foto: Ilustrasi KKB/Net
Barang Pribadi Pilot Susi Air Ditemukan, Polisi Tetap Upayakan Pendekatan Halus ke KKB Barang Pribadi Pilot Susi Air Ditemukan, Polisi Tetap Upayakan Pendekatan Halus ke KKB Reviewed by Admin Kab. Semarang on Rating: 5

Tidak ada komentar