Breaking News

Tontaipur Kostrad Tangkap Kelompok Egianus Kogeya


Peleton Intai Tempur (Tontaipur) dikabarkan berhasil membekuk kombatan kelompok Egianus Kogeya. Demikian pesan yang beredar di kalangan TNI Angkatan Darat, 11/03. “Selamat buat Ton Taipur Kostrad berhasil menangkap hidup-hidup kelompok Egianus Kagoya,” begitu bunyi pesan yang beredar.

Kelompok Egianus Kogeya dikenal beringas dan kejam. Sekarang tengah menyandera pilot Susi Air, Philips Mark Mehrtens. Kelompok Egianus pula yang membantai anak kepala suku yang tidak mau memberikan makanan pada kelompoknya.

Tontaipur adalah formasi satuan elit khusus TNI Angkatan Darat dalam tingkat peleton untuk melakukan operasi pengintaian khusus (SR). Anggotanya direkrut dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) elit TNI Angkatan Darat.

Tontaipur adalah bagian dari Batalyon Intelijen Kostrad dan anggotanya melapor langsung kepada Pangkostrad. Dibentuk pada 8 Agustus 2001 oleh Pangkostrad saat itu Ryamizard Ryacudu. Unit tersebut telah dikerahkan dalam beberapa konflik di Nusantara, mulai dari konflik separatis di Aceh dan Papua.

Kostrad tercatat menorehkan prestasi luar biasa dalam penanganan konflik di Papua. Pada September 2020, angggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) Tenius Tebuni dari kelompok Rambo Lokbere, pimpinan Egianus Kogoya, menyerahkan diri kepada Satgas Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 323 Kostrad.

Mereka berikrar keluar dari KKSB di Kampung Mbua Tengah, Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua. Sabtu (26/9/2020). Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Mobile Yonif Raider 323/BP Kostrad Mayor Inf Afriandy Bayu Laksono, S.Sos., MI Pol, dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua. Kamis (1/10/2020).

“Pada hari Sabtu tanggal 26 September 2020 telah dilakukan penyerahan diri Angggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) Tenius Tebuni dari kelompok Rambo Lokbere Pimpinan Egianus Kogoya kepada Satgas Pamtas.

Sumber: hajinews
Foto: Tontaipur Kostrad Tangkap Kelompok Egianus Kogeya/Net
Tontaipur Kostrad Tangkap Kelompok Egianus Kogeya Tontaipur Kostrad Tangkap Kelompok Egianus Kogeya Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar