Breaking News

Janji Kapolri Anggota Tak Perlu Menilang Sudah Diwujudkan Lewat ETLE Mobile


Komando Bhayangkara - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran resmi meluncurkan 30 ETLE mobile. Kerja ETLE mobile ini sama kerjanya dengan ETLE statis yang sudah terpasang di sejumlah titik di kawasan Jakarta.

Namun kerja ETLE ini berpindah-pindah untuk mencari lokasi banyaknya pelanggaran lalu lintas.

“Saya meresmikan Etle mobile sebagai bentuk kebijakan Bapak Kapolri menuju police 4.0. Ada 30 ETLE mobile,” kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (20/3).

ETLE mobile ini, kata Fadil, untuk mewujudkan cita-cita Kapolri yang sudah dicanangkan. Di mana anggota tidak lagi melakukan penilangan terhadap pelanggaran lalu lintas.

Adapun jenis ETLE mobile terdiri dari bodycam, helmet cam, dashcam, dan drone surveillance.

“Etle Mobile dilengkapi dari bodycam dimanfaatkan bila komunikasi dengan pelanggar lalu lintas, helmet cam, dan dashcam,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Fadil, ETLE mobile juga tak hanya merekam pelanggar lalu lintas, tapi juga akan merekam prilaku anggota.

“ETLE mobile ini tak hanya merekam pelanggaran lalu lintas ia juga akan merekam prilaku anggota di lapangan,” ujar Fadil.

Seperti diketahui, pada hasil uji kepatutan dan kelayakan Calon Kapolri Sigit yang digelar Komisi III DPR, Rabu (20/1).
 
Sigit menyampaikan, kedepan Polisi lalu lintas tak lagi melakukan tilang di jalan. Dia memilih mengandalkan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sebagai cara efektif mengatur pelanggaran lalu lintas. Hal ini juga demi mengurangi pelanggaran prosedur polisi di jalan.

“Mekanisme ETLE itu untuk mengurangi interaksi dalam proses penilangan, menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan penilangan,” kata Sigit.

Nantinya, lanjut Sigit, Polantas yang bertugas di lapangan hanya perlu mengatur lalu lintas saja tanpa melakukan penilangan jika ada pengendara yang melanggar aturan. Sebab, para pelanggar tersebut sudah otomatis tertilang dengan ETLE. Dia pun berharap, hal itu bisa mengubah ikon atau wajah Polri menjadi lebih baik lagi khususnya bagian lalu lintas.

“Saya harap kedepannya anggota lalu lintas turun di lapangan untuk mengatur lalu lintas, tidak perlu menilang,” ujarnya. (MKB/POJOKSATU)

Foto : Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran resmi meluncurkan 30 ETLE mobile. (Foto : Fiirdaus/Pojoksatu)
Janji Kapolri Anggota Tak Perlu Menilang Sudah Diwujudkan Lewat ETLE Mobile Janji Kapolri Anggota Tak Perlu Menilang Sudah Diwujudkan Lewat ETLE Mobile Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar