Breaking News

2 Kelompok Massa Bentrok di Jalan Interchange Karawang Barat


Dua kelompok massa terlibat bentrokan di Jalan Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Rabu (24/11) siang.

Dari pantauan kumparan, kerusuhan terjadi saat massa hendak bergerak ke titik aksi di PT Ichii Industries Indonesia di kawasan KIIC Karawang. Petugas kepolisian terlihat berada di lokasi, namun jumlahnya kalah sehingga tidak bisa menghalau amukan massa. 

Akibat dari bentrokan tersebut, satu unit mobil Honda Brio berlogo LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) bernomor polisi S 1724 BB hancur. 

Seluruh kaca mobil tersebut hancur karena lemparan batu, kayu, dan berbagai senjata tumpul lainnya. Selain itu, dua orang anggota LSM yang berada di dalam mobil mengalami luka parah. 

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas insiden ini.

Sementara itu, massa yang berasal dari sejumlah LSM melakukan aksi di lapangan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

LSM yang hadir dalam aksi ini adalah LSM GMPI, LSM Laskar NKRI, LSM Laskar Merah Putih, LSM Gibas Jaya, dan LSM Kompak. 

Selain berkumpul di lapangan Karangpawitan, massa juga berkerumun di halaman Islamic Center gedung Al-Jihad Karawang yang tidak jauh dari lapangan Karangpawitan.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, aksi aliansi LSM ini adalah bentuk respons dari seruan aksi kelompok LSM lain dari luar Karawang. 

"(Tuntutan aksi) Menolak aksi dari luar daerah Karawang," kata Dadi Mulyadi, salah satu pengurus LSM GMPI melalui pesan WhatsApp.

Beredar kabar, massa se-Jawa Barat dan Jakarta dari LSM tersebut bakal masuk Kabupaten Karawang untuk ikut berdemonstrasi di PT Ichii Industries Indonesia di kawasan KIIC Karawang.

Saat ini terpantau, sebagian massa tengah bergerak menuju kawasan industri KIIC Karawang dan kawasan industri Surya Cipta. Aksi aliansi LSM ini dikawal ketat oleh petugas kepolisian. 

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono dan Dandim 0604/Karawang Letkol Inf. Medi Hariyo Wibowo turun langsung mengawal jalannya aksi.

Sampai saat ini, perwakilan dari aliansi LSM maupun LSM GMBI belum bisa dimintai keterangan mengenai tuntutan aksi. Begitupun dengan petugas kepolisian. [kumparan]

Foto: Dua kelompok massa terlibat bentrok di Jalan Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Rabu (24/11) siang. Foto: Dok. Istimewa
2 Kelompok Massa Bentrok di Jalan Interchange Karawang Barat 2 Kelompok Massa Bentrok di Jalan Interchange Karawang Barat Reviewed by Komando Bhayangkara on Rating: 5

Tidak ada komentar