Breaking News

Cegah Stunting, Kodim 0711/Pemalang Gelar Penyuluhan Kesehatan Kepada Warga Desa Tegalsari Timur


Komando Bhayangkara, Pemalang -  Kodim 0711/Pemalang  bersama Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Kodim 0711/ Pemalang menggelar penyuluhan kesehatan bertemakan Penguatan Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) dalam Upaya Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil, bertempat di Pendopo Balai Desa Tegalsari Timur, Ampelgading, Kab. Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022).

Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M. Tr(Han)., dalam keterangan tertulisnya disampaikan kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Kodim 0711/Pemalang  dalam membantu program pemerintah dalam mengurangi stunting kepada anak-anak yang tinggal di wilayah binaannya. 

Karena lanjutnya, stunting menjadi perhatian khusus dari pemerintah sehingga kegiatan ini merupakan bagian dari pertanggungjawaban moral sekaligus perintah pimpinan komando atas untuk melaksanakan penyuluhan kesehatan, pemberian sembako dan penambah gizi.

“Jangan sampai masalah stunting tidak bisa teratasi, oleh karenanya ini upaya dan langkah kita sebagai solusi, khususnya bagi lbu hamil yang sangat membutuhkan gizi dan nutrisi,” ujarnya.

Kagiatan ini juga, papar Dandim merupakan implementasi dari Tujuh Perintah Harian Kasad, dimana TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat dan menjadi solusi. 

Ia pun berharap program stunting ini bisa bermanfaat untuk para warga masyarakat khususnya pada lbu hamil, sehingga mulai dari sekarang membiasakan hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Serta rajin memeriksakan diri ke puskesmas dan melaksanakan senam hamil.

Dalam kesempatan itu, Dandim didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Kodim 0711/ Pemalang Ny. Roihan Hidayatullah, memberikan bantuan dan melakukan kunjungan rumah kepada para ibu hamil khususnya ibu hamil resiko tinggi (Resti).


Sementara Diah Retnowati S.Gz., yang bertindak sebagai narasumber menjelaskan bahwa waktu terbaik untuk mencegah stunting adalah selama kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan atau 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).  1000 HPK dimulai ketika janin masih berada dalam kandungan dan berlanjut hingga anak berusia dua tahun 270 HARI (dalam kandungan) dan 730 HARI (Usia 0-2 tahun).
 
Upaya untuk mencegah stunting menurut Diah, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama semua orang tua, guru, dan praktisi pendidikan yang peduli pada perbaikan generasi penerus bangsa Indonesia. Upaya ini harus berkelanjutan mulai dari masa kehamilan hingga anak usia 2 tahun, dan menyeluruh, meliputi pemenuhan gizi, pembentukan kebiasaan baik untuk hidup bersih dan sehat, serta pemberian stimulasi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.


Atas terselenggaranya kegiatan ini, Kades Tegalsari Timur, Sugi Hadi Yanto mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya kepada Kodim 0711/ Pemalang beserta jajaran.  

“Kami dan masyarakat desa Tegalsari Timur merasa terhormat dan berbahagia atas kedatangan Dandim beserta rombongan  untuk  mensukseskan program Pemerintah dengan memberikan penyuluhan Stunting  pada ibu hamil,” ungkapnya.

Acara ini turut dihadiri Pasiter Kapten lnf Heri Purnomo, Camat Ampelgading, Kepala Desa Tegalsari Timur, Wakil Ketua DPRD Kab. Pemalang Ajeng Triyani, Tim Puskesmas Losari  dan tenaga medis Poskes Klinik Pratama Kartika 11 Pemalang serta warga masyarakat Desa Tegalsari Timur dan sekitarnya. (red MKB)


Cegah Stunting, Kodim 0711/Pemalang Gelar Penyuluhan Kesehatan Kepada Warga Desa Tegalsari Timur Cegah Stunting, Kodim 0711/Pemalang Gelar Penyuluhan Kesehatan Kepada Warga Desa Tegalsari Timur Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar