Breaking News

Selain Kematian Brigadir J, KontraS Sebut Ada 27 Kasus Rekayasa di Polri Sepanjang 2019-2022


Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) menyebut ada 27 kasus rekayasa yang dilakukan insitusi Polri sepanjang 2019-2022.

Hal ini disebutkan melalui surat bernomor 60/SK-KontraS/VIII/2021 yang ditujukan kepada pejabat pengelola informasi dan dokumentasi Polri.

Surat dengan perihal permohonan informasi terkait rekayasa kasus yang dilakukan anggota kepolisian ini diunggah dengan sebuah utas oleh pengguna Twitter @muhammadislahs, utas itu pun diretweet oleh akun resmi Kontras.

“Ramainya pemberitaan kasus penembakan Brigadir J yang dilakukan oleh Ferdy Sambo, akhirnya membuka satu persatu kotak pandora lain dari berbagai permasalahan di Institusi Kepolisian. Salah satunya yakni persoalan rekayasa kasus,” kata akun tersebut memulai utasnya, Sabtu (10/9/2022).

Surat yang dikirimkan pada tanggal 24 Agustus 2021 itu, kata akun tersebut, bertujuan untuk meminta akuntabilitas serta transparansi kepolisian untuk memberikan informasi terkait berbagai tindak rekayasa kasus yang dilakukan oleh anggota Polisi.

“Karena sangat mungkin ada rekayasa kasus lainnya, di luar kasus penembakan Brigadir J,” tulisnya.

Dari 27 kasus yang dimaksud Kontras, dugaan rekayasa tersebut berkaitan dengan tindakan salah tangkap disertai tindak kekerasan, upaya mendapatkan pengakuan dengan tindak penyiksaan, dan lain-lain.

“Sebagai contoh, kasus yang didampingi Kontras adalah kasus salah tangkap yang menimpa M.Fikry dan kawan-kawan pada 28 Juli 2021. Mereka ditangkap secara sewenang-wenang tanpa surat penangkapan atas tuduhan sebagai pelaku pembegalan,” lanjutnya.

Diketahui, Kontras telah mengeluarkan Lembar Fakta rekayasa kasus oleh Polri dipublikasikan di website Kontras.

“Silakan akses tautan ini  bit.ly/FSRekayasaKasus untuk melihat hasil temuan Kontras atas rekayasa kasus yang dilakukan institusi Polri,” tandasnya.

Sumber: fajar
Foto: Brigadir Joshua/disway
Selain Kematian Brigadir J, KontraS Sebut Ada 27 Kasus Rekayasa di Polri Sepanjang 2019-2022 Selain Kematian Brigadir J, KontraS Sebut Ada 27 Kasus Rekayasa di Polri Sepanjang 2019-2022 Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar